youngster.id - Sektor ekonomi industri kreatif digerakan oleh anak-anak muda di seluruh dunia. Bahkan di masa pandemi Covid-19, sektor ini turut berperan dalam menopang pertumbuhan ekonomi negara. Kreativitas menjadi kunci dalam mengembangkan usaha ini.
Berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2019, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp 1.105 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Dengan jumlah tersebut, Indonesia berada pada posisi ketiga di dunia untuk jumlah kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap PDB negara.
Pada 2019, sektor ekonomi kreatif mampu menyerap 17 juta tenaga kerja. Berkaca pada fakta ini, sektor ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk mengentaskan masalah lapangan pekerjaan di Indonesia
Salah satu sektor yang tengah berkembang adalah desain produk. Sub sektor desain produk juga didukung oleh para pelaku industri yang memiliki craftmanshift andal. Para desainer produk mampu menggali dan mengangkat kearifan lokal, kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam, dalam setiap karya-karyanya. Untuk itu diperlukan inovasi dan kreativitas untuk dapat beradaptasi di masa pandemi.
Seperti yang dilakukan Satria Dwi Putra, Founder & CEO SDP Creative, yang mengembangkan produk untuk ceruk pasar gift custom. Artinya, produk yang dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Mulai dari frame kayu, tumbler, jam dinding, enamel glass, gantungan kunci, medali custom, hingga gift box.
“Hal yang mendorong saya membuka usaha ini karena ingin mengatasi masalah banyak orang, yang merasa kebingungan atau kesulitan dalam mencari kado atau hadiah untuk orang spesial mereka,” kata Dwi kepada youngster.id.
Rupanya alumni Insititut Manejemen Koperasi Indonesia itu menyadari orang akan menyukai jika hadiah atau barang mereka hanya satu di dunia, dan spesial untuk mereka. Oleh karena itu, hadiah yang personal dengan desain sesuai keinginan, dan isinya pun sesuai keinginan, jadi benar-benar spesial. Nah, bisnis kreatif ini yang disasar oleh Dwi bersama SDP Creative.
Produk yang dibuat Dwi juga cocok untuk segala jenis momen mulai dari ulang tahun, wisuda, pernikahan, farewell, ataupun souvenir lainnya. Selain itu, layaknya bisnis anak muda sekarang maka produk SDP Creative ini bisa ditemukan di marketplace, media sosial Instagram, maupun laman resmi websitenya.
Usaha Mandiri
Menjadi wirausahawan adalah passion dari Dwi. Untuk itu, dia rela menjual laptop pribadinya agar dapat mewujudkan cita-cita punya usaha sendiri. Dengan modal sebesar Rp 2,5 juta dia pun mulai bisnis gift custom dengan brand sesuai inisial namanya Satria Dwi Putra pada tahun 2019.
Sebelumnya, Dwi memang sudah membaca pasar. Mulai dari mencari produk yang diminati masyarakat, hingga bahan baku apa yang paling cocok. “Saya riset pasar sekitar 4-6 bulan, karena saya ingin setiap produk yang saya hadirkan nanti bisa menjadi jawaban terutama bagi konsumen yang ingin memberikan kado kepada setiap orang yang disayangi,” tuturnya.
Dwi memutuskan untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Bisa dikatakan segala inspirasi bermula dari keinginan konsumen. “Saya mencoba mengikuti keinginan pasar yang membutuhkan hadiah yang berbeda dan personal bagi masing-masing orang. Saya ingin mewujudkan keinginan itu lewat produk kami,” ujarnya.
Dwi terbilang nekad memulai bisnis ini. Pasalnya dia melakukan semua seorang diri. Mulai dari desain hingga mencari supplier untuk bahan baku dilakukan sendiri. Sampai akhirnya dia mendapat bahan yang kuat dan tahan banting seperti kayu dan akrilik, serta berbagai desain yang tersedia bagi para pembeli.
Alhasil produknya terbilang unik karena didesain sesuai dengan keinginan pelanggan. Mulai dari gantungan kunci, gelas, tumbler, hingga medali custom akrilik, pop-up frame, dan jam dinding. “Keunggulan kami selain memiliki beragam pilihan desain juga terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah sehingga aman untuk dikirim ke seluruh Indonesia,” ujarnya.
Harga produk SDP Creative juga relatif terjangkau. Mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 149 ribu per produk. Untuk pemasaran produk, Dwi mulai dengan memanfaatkan media sosial terutama Instagram. Ternyata tanggapan yang diperoleh positif. Dengan cepat produk gift custom-nya dikenal dan mendapat customer.
“Saya bersyukur dengan era digital ini yang perkembangannya semakin pesat, kini produk SDP Creative sudah mencapai hampir seluruh pulau besar Indonesia. Meski masih sebagian besar pemesan ada di Pulau Jawa. Sekarang saya bisa meraih omset sebesar Rp 9 juta sampai Rp 12 juta setiap bulan,” ungkapnya.
Kunci Utama
Dwi menyadari bahwa usaha yang dirintisnya ini harus bisa berkembang. Untuk itu dia butuh dukungan terutama dalam hal modal. “Saya berusaha untuk terus mengembangkan usaha ini agar bisa lebih berdampak luas,” ujarnya.
Pria kelahiran Sumedang, 20 September 1997 ini berharap dapat membangun operasional serta meningkatkan omzet melalui promosi. “Kunci utama selain kualitas produk adalah promosi. Akan sia-sia, kalau produk kita sudah bagus, tapi masih banyak orang yang belum tahu,” ujarnya.
Untuk itu dia pun mengikuti program inkubasi UMKM dari J&T Express. Dengan harapan dapat menimba ilmu dalam mengembangkan usaha. Dwi pun mengikuti berbagai tahap pembinaan dalam program tersebut, sampai akhirnya lolos ke Grand Final dan terpilih menjadi juara ketiga dari program J&T Super Seller dan berhak atas hadiah sebesar Rp 30 juta.
“Saya bersyukur bisa berkesempatan tampil di program ini. Lewat program ini saya jadi lebih tahu, bagaimana bisa mengelola dana ini dengan baik, sehingga bisa menjadikan usaha ini efektif dan efisien,” ujarnya.
Dengan perolehan itu Dwi berharap usahanya dapat berkembang lebih pesat lagi. Termasuk dari sisi desain dan konsep produk. Dengan begitu, dia dapat terus menghadirkan produk-produk inovatif. “Saya berharap akan dapat mengembangkan produk gift costum yang baru sehingga customer tidak bosan dan bisnis ini dapat terus bertahan,” pungkasnya.
==================
Satria Dwi Putra
- Tempat Tanggal Lahir : Sumedang, 20 September 1997
- Pendidikan Terakhir : Sarjana Akuntansi, IKOPIN ( Insititut Manejemen Koperasi Indonesia)
- Usaha yang dikembangkan : Membuat produk gift custom
- Nama Brand : SDP Creative
- Mulai Usaha : September 2019
- Prestasi : Juara 3 J&T Super Seller 2021
================
FAHRUL ANWAR
Editor : Stevy Widia
Discussion about this post