Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - Digital Community news

Satu Tahun Erick Thohir Menteri BUMN Inovasi Pengelolaan Talenta Karyawan Menjadi Keharusan untuk Keberlangsungan BUMN

2 November 2020
in news
Reading Time: 3 mins read
Satu Tahun Erick Thohir Menteri BUMN Inovasi Pengelolaan Talenta Karyawan Menjadi Keharusan untuk Keberlangsungan BUMN

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid (keempat dari kiri, berdiri) saat berkunjung ke Bandung Digital Valley beberapa saat yang lalu.

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bulan Oktober lalu, genap satu tahun Erick Thohir mengabdi sebagai Menteri BUMN. Selama menjabat Erick Thohir sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan talenta BUMN, khususnya untuk kalangan milenial. Pihaknya berkomitmen untuk terus menanamkan semangat kerja kepada kaum muda atau golongan milenial yang saat ini tengah menghadapi tantangan disrupsi dan penuh dinamika. Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) di lingkungan BUMN harus membudidayakan iklim kerja yang inovatif untuk menciptakan peluang bisnis serta melakukan terobosan bisnis di era digital dan masa mendatang.

Sebagai perusahaan telekomunikasi pelat merah, Telkom menyadari betul bahwa SDM merupakan hal yang sangat krusial untuk keberlangsungan perusahaan hingga waktu mendatang. Tanpa adanya SDM yang inovatif dan adaptif, tentunya perusahaan akan kesulitan untuk menyamakan langkah dengan kondisi industri yang terus berubah. Sejalan dengan transformasi yang dijalankan untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital, Telkom terus meningkatkan kapabilitas tidak hanya dari aspek proses bisnis tapi juga kompetensi karyawannya. Digital mindset dan digital readiness menjadi suatu keharusan bagi seluruh insan Telkom.

Setidaknya ada konsep 3B yang dijalankan Telkom dalam mengembangkan kapabilitas digital perusahaan, yakni Build (mengembangkan dari kompetensi internal), Borrow (partnership), Buy (akuisisi) dengan konsiderasi value proposition perusahaan. Salah satu implementasi strategi TelkomGroup dalam membangun kompetensi digital di dalam tubuh perusahaan adalah melalui Program Digital Amoeba, yakni sebuah sarana pengembangan inovasi melalui model bisnis baru bagi internal perusahaan untuk mendapat solusi bagi produk dan layanan digital TelkomGroup ke depan. Inisiatif ini bertujuan mengembangkan karyawan yang memiliki kemampuan teknologi digital dan menawarkan inovasi-inovasi sesuai dengan portofolio bisnis perusahaan.

Melalui Amoeba, karyawan TelkomGroup yang memiliki ide kreatif akan difasilitasi sarana inkubasi dan pelatihan untuk dapat mengembangkan ide yang dimiliki tersebut menjadi sebuah produk ataupun layanan dan siap untuk diterjunkan ke pasar. Tidak hanya pendampingan dalam pengembangan produk dan go to market, startup internal yang sudah mumpuni pun akan didukung dalam hal investasi. Saat ini ada beberapa jebolan Amoeba yang produk dan layanannya sudah ditujukan untuk publik seperti Smart Eye, Gameqoo, dan Arkademy.

Baca juga :   Melalui Virtual Event yang Meriah dan Bermakna, TelkomGroup Canangkan Komitmen Perkuat Implementasi Nilai AKHLAK Demi Akselerasi Digital Indonesia

Tak hanya Amoeba, Telkom juga memiliki Indigo Creative Nation yaitu program inkubasi/akselerasi startup dari yang mengusung prinsip kreativitas dalam berbisnis dari mulai nurturing creativity hingga tahap Follow-on-Funding (FoF), dengan tujuan meningkatkan daya saing, kemandirian, dan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri digital kreatif. Indigo pertama kali diadakan pada tahun 2013 dan secara konsisten untuk batch intake hadir 2 kali setiap tahunnya.

Program ini telah membina 31.748 talenta digital tersebar di 17 DILo (Digital Innovation Lounge) di seluruh Indonesia. Setidaknya 177 startup digital telah masuk program inkubasi dan akselerasi market yang bertempat di 4 DiVa (Digital Valleys) yaitu di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Makassar. Kali ini, Indigo Batch 2 – 2020 sudah membuka registrasi dari 1 Oktober lalu dan menawarkan pendanaan hingga Rp2 miliar untuk setiap startup yang berhasil melalui proses seleksi serta inkubasi/akselerasi di bawah naungan Telkom.

Baca juga :   BUMN Berbagi Bersama Wilayah DKI Jakarta Serahkan Santunan dan Bingkisan kepada Lebih dari 1.000 Anak Asuh

Target utama program pengembangan ekosistem digital ini adalah untuk menumbuhkan bibit unggul digipreneur di Indonesia untuk mengejar ketinggalan dengan negara lain. Sudah saatnya Indonesia menjadi pemain digital, bukan hanya jadi konsumen. Banyak anak muda Indonesia yang memiliki kompetensi di bidang teknologi digital, tapi direkrut perusahaan digital negara lain. Melalui program Indigo ini diharapkan mampu membangun ekosistem digital Indonesia dan menjadikan Indonesia memiliki kekuatan dan daya saing di pasar digital global.

Telkom juga memberikan pembekalan core values atau nilai inti AKHLAK kepada seluruh karyawan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penerapan core values AKHLAK di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang secara resmi diperkenalkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir secara virtual pada awal Juli 2020 lalu. Telkom pun mengadopsi AKHLAK sebagai nilai utama panduan identitas dan perekat budaya kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan secara berkelanjutan.

Baca juga :   Startup Unicorn Indonesia Akan Bangun R&D

AKHLAK sendiri merupakan akronim yang terdiri atas Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. AKHLAK diharapkan menjadi akar yang kuat dan kokoh bagi seluruh karyawan dalam bertindak dan berperilaku, agar mendukung pertumbuhan bisnis yang semakin berkembang. Sehingga ketika terjadi rotasi SDM di lingkungan TelkomGroup, maka akan memudahkan setiap individu beradaptasi dengan nilai inti AKHLAK yang sama.

Melalui program Amoeba dan Indigo serta penerapan core value AKHLAK sebagai katalis merupakan komitmen Telkom untuk terus mengembangkan talenta muda digital baik di perusahaan maupun generasi muda Indonesia demi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara nantinya.

Tags: Indigo Creative NationProgram Digital Amoebasumber daya manusia (SDM)
Previous Post

Ellite, Pasta Gigi Tablet Karya Inovasi Mahasiswa Unpad

Next Post

Startup Lokal Harus Terapkan Tiga Pendekatan Bisnis Ini Untuk Jadi Juara

Related Posts

Sampoerna University
News

SDM Berkualitas Dengan Resiliensi dan Kompetensi Tinggi Jadi Jawaban Fenomena Bubble Burst

22 Desember 2022
0
Kukerja
Headline

Startup Kukerja, Menjembatani Supply dan Demand Tenaga Siap Kerja F&B

28 September 2022
0
Sribu
Headline

Transformasi Bidang SDM Pasca Pandemi Pacu Pertumbuhan Sektor Pekerja Lepas

6 Mei 2022
0
Load More
Next Post
Telkom Gandeng Everynet Untuk Perluas Infrastruktur Jaringan IoT

Startup Lokal Harus Terapkan Tiga Pendekatan Bisnis Ini Untuk Jadi Juara

e-commerce

Kunjungan Ke E-Commerce Menurun di Kuartal II 2020

grabfood

Pendapatan Grab Pulih Berkat Layanan Pesan-Antar Makanan

Discussion about this post

Recent Updates

JQRBT

JQRBT Crypto Tergiur Masuki Pasar Kripto Indonesia yang Bernilai Rp650 Triliun

1 Oktober 2025
Astra Property

Perkuat Portofolio di Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Akuisisi Mega Manunggal Property

1 Oktober 2025
Nafas Indonesia

Nafas Indonesia: Bahaya Asap Rokok di Dalam Ruangan

1 Oktober 2025
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
JQRBT

JQRBT Crypto Tergiur Masuki Pasar Kripto Indonesia yang Bernilai Rp650 Triliun

1 Oktober 2025
Astra Property

Perkuat Portofolio di Sektor Infrastruktur Industri & Logistik, Astra Property Akuisisi Mega Manunggal Property

1 Oktober 2025
Nafas Indonesia

Nafas Indonesia: Bahaya Asap Rokok di Dalam Ruangan

1 Oktober 2025
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version