Telkom Dukung Indonesia Jadi Pemimpin Industri Halal Kelas Dunia

(Dari Kiri) Chief Merchandiser and Buyer Hijup Hanna Faridl, Staf Khusus III Kementerian BUMN Wianda Pusponegoro, Direktur SDM & Pengembangan (WIKA) Novel Arsyad, Deputy Executive General Manager Coherence & Innovation Management Telkom Ery Punta Hendraswara, Public Relation Manager Wardah Cosmetic Elsa Maharani dan Associate Partner Branding and Marketing Consultant Big Change Agency Dian Maya Puspitasari dalam kegiatan talkshow di Halal Park, Jumat 26/4. Untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang keberadaan Halal Park, Kementerian BUMN bersama Telkom Indonesia dan Wijaya Karya (Wika) mengadakan kegiatan Media Gathering dengan tema “Masa Depan Industri Halal di Indonesia” yang dihadiri oleh rekan-rekan media dan influencer dari milenial BUMN.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan industri halal di Indonesia, belum lama ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah membuka Moslem District Destination, Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang keberadaan Halal Park, Kementerian BUMN bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) mengadakan kegiatan Media Gathering, Jum’at (26/4).

Dengan tema “Masa Depan Industri Halal di Indonesia”, media gathering ini dihadiri oleh rekan-rekan media dan influencer dari milenial BUMN. Acara diawali talkshow yang menghadirkan Staf Khusus III Menteri BUMN RI Wianda Pusponegoro, Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Wika Novel Arsyad, Deputy Executive General Manager Coherence & Innovation Management Telkom Ery Punta Hendraswara, Elsa Maharani (Public Relations Wardah Cosmetic) dan Dian Maya Puspitasari (PR Expert – Big Change Agency) dengan moderator Hanna Faridl dari HIJUP.

Baca juga :   Menteri BUMN Resmikan Gereja St. Martinus Hinga di Adonara, Nusa Tenggara Timur

Sebagai digital telco company, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen mendukung program yang dicanangkan Presiden RI untuk menjadikan wisata industri halal Indonesia mendunia. Melalui program Indigo Creative Nation, Telkom siap menjadi inkubator, akselerator dan katalisator yang menumbuhkembangkan seluruh ide-ide anak bangsa.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, bahwa Telkom memiliki 4 Digital Valley dan 17 Digital Innovation Lounge yang tersebar di seluruh Indonesia serta co-working space yang ada di Halal Park yang membuka kesempatan seluas-luasnya untuk menampung setiap kreativitas masyarakat dalam mengembangkan industri halal, yang selanjutnya dapat divalidasi menjadi sebuah produk dan inovasi, sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Industri halal ini sangat potensial untuk menjadikan ekonomi bangsa lebih kuat dan membawa nama Indonesia mendunia. Telkom yang selama ini konsisten menjalankan budaya inovasi siap mewujudkan hal tersebut dengan menyediakan berbagai fasilitas seperti co working space, akses internet cepat, serta coaching dan mentoring yang dapat dimanfaatkan para pelaku industri kreatif digital dan masyarakat umum untuk mengembangkan idenya menjadi produk yang bersaing di pasaran, “jelas Arif.

Baca juga :   Keluarga Besar BUMN dan Ribuan Warga DKI Jakarta Ikuti Jalan Sehat 7.300 meter

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, industri halal di Indonesia berkembang sangat pesat. Menurut Global Muslim Travel Index, wisata halal Indonesia menempati  peringkat pertama dari 130 negara lainnya, termasuk Malaysia, Turki, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, Brunei dan negara lainnya. Hal ini menjadikan industri gaya hidup halal sebagai angin segar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Lebih lanjut, tahun 2018 sebanyak 140 juta wisatawan muslim datang ke Indonesia dengan total spending online hingga USD 35 miliar. Jumlah turis muslim dunia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan tahun 2020 diproyeksikan akan mencapai jumlah 158 juta orang.

Baca juga :   Telkom Bukukan Triple Double Digit Growth 2016 yaitu untuk Pendapatan, EBITDA dan Laba Bersih

Saat ini, Halal Park menyediakan beragam tenant fesyen serta makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Sebagai koordinator pelaksana Halal Park, Kementerian BUMN berkontribusi menyediakan produk-produk Rumah Kreatif BUMN (RKB) dari beberapa perusahaan BUMN yang terdiri dari produk fesyen dan makanan minuman. Halal Park akan menjadi ekosistem para pelaku bisnis yang bergerak pada industri gaya hidup halal dari hulu ke hilir yang tidak hanya sebatas pada bidang bisnis fesyen dan makanan dan minuman, tetapi juga bidang lain seperti pariwisata, pendidikan, dan keuangan.