Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - Digital Community news

Telkom Raih Pendapatan Rp64,37 Triliun, Bisnis Digital Berikan Kontribusi Terbesar

31 Juli 2018
in news
Reading Time: 3 mins read
Laporan Keuangan Telkom Kuartal III Tahun 2016  Pendapatan Data, Internet, dan IT Services Meningkat Tajam
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di tengah kondisi industri telekomunikasi yang semakin kompetitif, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  (Telkom) membukukan pendapatan sebesar Rp64,37 triliun pada semester I 2018. Dari nilai ini tercatat EBITDA sebesar Rp28,34 triliun serta Laba Bersih sebesar Rp8,7 triliun. Telkom mencatatkan pendapatan dari Data, Internet & IT Services sebesar Rp32,74 triliun, yang memberikan kontribusi terhadap total pendapatan Perseroan sebesar 50.9%.

“Data, Internet & IT Service memberikan kontribusi terbesar bagi total pendapatan Perseroan, yakni mencapai 50,9%, dan tumbuh cukup tinggi sebesar 20,7%. Peningkatan pendapatan dari Data, Internet & IT Service tersebut sejalan dengan lonjakan traffic mobile data dan peningkatan pengguna layanan fixed broadband,” ujar Direktur Keuangan Telkom, Harry M Zen di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Telkomsel selaku entitas anak usaha di segmen Mobile membukukan pendapatan Rp42,74 triliun,  EBITDA Rp22,24 triliun dan Laba Bersih Rp11,72 triliun. Bisnis digital Telkomsel memberikan konstribusi yang signifikan, yaitu sebesar Rp21,23 triliun, tumbuh sebesar 17,5% dibandingkan pendapatan tahun lalu. Porsi bisnis digital terhadap total pendapatan Telkomsel mencapai 49,7%, meningkat signifikan dari 39,3% tahun lalu. Adapun pendapatan dari Voice dan SMS masih kuat dan mengkontribusikan 50,3% dari pendapatan Telkomsel.

Baca juga :   airasia Super App Fokus Hadirkan Layanan Transportasi di Bali

Meningkatnya pertumbuhan bisnis digital tersebut didukung oleh perluasan dan penguatan jaringan melalui penambahan sebanyak 14.978 BTS baru yang seluruhnya adalah BTS 4G. Total BTS Telkomsel pada akhir semester I 2018 adalah 175.683 BTS atau tumbuh 19,9% di mana sebanyak 125.368 BTS atau sebesar 71,4% diantaranya merupakan BTS yang mampu memberikan layanan 3G/4G.

Berkat gencarnya penambahan BTS yang menunjang kualitas dan kapasitas layanan, data traffic Telkomsel meningkat pesat 134,8% menjadi 1.943 petabyte. Lonjakan data traffic tersebut terutama didorong oleh pertumbuhan pengguna perangkat berkemampuan 3G/4G yang tumbuh 24,6% menjadi 112,1 juta pelanggan, atau 63,0% dari keseluruhan pelanggan Telkomsel.

Telkomsel juga telah sukses melakukan registrasi kartu SIM prabayar, dimana lebih dari 80% pelanggan melakukan registrasi. Pada akhir bulan Juni 2018, Telkomsel tercatat memiliki pelanggan sebanyak 177,9 juta. Dengan pelanggan yang telah teregistrasi, Telkomsel akan dapat melakukan pendekatan marketing yang beragam, termasuk penawaran berbasis keluarga atau paket personal.

Sementara itu, segmen Consumer tumbuh 20,8% yang didorong oleh bisnis IndiHome. Layanan fixed broadband IndiHome mencatat pertumbuhan pelanggan yang sangat tinggi yakni sebesar 105,3%, dengan pertumbuhan pendapatan mencapai 46,8%. Jika pada bulan Juni tahun lalu, pelanggan IndiHome baru mencapai 2 juta pelanggan, maka pada bulan Juni tahun ini meningkat dua kali lipat menjadi 4,14 juta pelanggan.

Telkom akan terus mempercepat pertumbuhan pelanggan IndiHome dengan menawarkan diversifikasi produk yang tepat, meningkatkan produktivitas teknisi serta memperkuat jaringan dan sistem IT. Selain itu, Telkom juga secara terus-menerus memperkaya konten yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik serta meningkatkan layanan purna jual untuk memberikan excellent customer experience kepada pelanggan.

Baca juga :   XL Kembangkan Layanan Bisnis Digital Lewat Membership Card

Sementara itu, segmen Enterprise mencatatkan pendapatan sebesar Rp12,3 triliun, atau tumbuh sebesar 19,5% dibanding tahun lalu. Di segmen ini, Perusahaan tetap fokus pada penyediaan layanan solusi information and communication technology (ICT) terintegrasi dan berkualitas tinggi untuk para pelanggan korporat, lembaga dan instansi Pemerintah serta UKM.

Untuk segmen Wholesale and International Business, Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp4,3 triliun atau tumbuh 21,7% dibanding tahun lalu. Hal ini didukung dengan telah beroperasinya sistem kabel laut SEA-ME-WE5 yang menghubungkan Dumai dengan Marseille dan SEA-US yang menghubungkan Manado dengan Los Angeles. Saat ini, Perseroan juga sedang dalam tahap penyelesaian Indonesia Global Gateway (IGG) yang menghubungkan SEA-ME-WE5 dengan SEA-US.

Baca juga :   Direktur HCM Telkom Serahkan Kunci Bedah Rumah pada Program Telkom Peduli

Telkom juga baru saja menyelesaikan pembuatan Satelit Merah Putih yang memiliki kapasitas 60 C-band dan extended C-band transponder. Wilayah yang dicakup oleh Satelit Merah Putih adalah Indonesia, Asia Tenggara dan Asia Selatan. Satelit Merah Putih direncanakan akan diluncurkan pada tanggal 7 Agustus 2018 dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida. Satelit ini akan memperkuat posisi TelkomGroup dalam bisnis satelit baik lokal maupun regional.

Hingga akhir semester I 2018, TelkomGroup telah membelanjakan capital expenditure (capex) sebesar Rp14.1 triliun. Capex terutama dimanfaatkan untuk mendukung bisnis broadband, baik fixed maupun mobile, seperti pembangunan infrastruktur backbone dan akses fiber optic, pembangunan Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel, pembuatan satelit dan menara telekomunikasi.

“Telkom senantiasa memperkuat dan memperluas jaringan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas layanan TelkomGroup dan mendorong berbagai inovasi digital untuk memastikan Perseroan dapat tumbuh secara berkelanjutan dalam jangka panjang,” demikian tutup Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen.

Tags: Bisnis digitaldataInternet & IT Services
Previous Post

Mari Tebarkan Nilai-nilai Kebaikan di Ajang Asian Games 2018

Next Post

Sepeda Cangkul Mempermudah Petani

Related Posts

NTT Startup Challenge 2024
Headline

Potensi Pengembangan Bisnis Startup dan Digital di Indonesia Masih Berpeluang Positif

20 Januari 2025
0
Layanan Digital
News

Layanan Digital Telkomsel Tumbuh 8,6% YoY

27 Mei 2024
0
transformasi digital
Headline

Kolaborasi Metrodata dan FPT IS untuk Pengembangan Teknologi Digital Berbasis AI

16 Januari 2024
0
Load More
Next Post
Sepeda Cangkul Mempermudah Petani

Sepeda Cangkul Mempermudah Petani

Potensi IoT di Indonesia Besar

Taiwan Siap Dukung Pembangunan Smart City di Indonesia

Mahasiswa UGM Kembangkan Wisata Geotermal di Pengalengan

Mahasiswa UGM Kembangkan Wisata Geotermal di Pengalengan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version