Gorontalo Menjadi Modern Broadband Province Pertama di Kawasan Timur Indonesia

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (ketiga dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim (paling kanan) disaksikan oleh Executive Vice President Telkom Regional VII Kawasan Timur Indonesia (KTI) Aris Dwi Tjahjanto (kedua dari kiri) dan Executive General Manager Divisi Planning & Deployment Telkom Amperandus Simanjuntak (paling kiri) usai peresmian Gorontalo Modern Broadband Province, Kamis (8/8). Modern Broadband Province adalah program modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik yang bertujuan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik karena kualitas layanan berbasis fiber optik dapat menghadirkan performa yang jauh lebih mumpuni, bahkan hingga ke tahapan Internet of Things.

Komitmen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat sekali lagi dibuktikan dengan meluncurkan Gorontalo Modern Broadband Province. Program yang diharapkan mampu memajukan perekonomian Gorontalo tersebut diresmikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin di Kantor Witel Gorontalo, Kamis (8/8).

“Modern Broadband Province adalah program modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik. Program ini bertujuan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik karena kualitas layanan berbasis fiber optik dapat menghadirkan performa yang jauh lebih mumpuni, bahkan hingga ke tahapan Internet of Things,” ujar Zulhelfi Abidin.

Baca juga :   Tingkatkan Digital Experience Pelanggan, TelkomGroup Luncurkan Digital GraPARI

Zulhelfi menerangkan, proses pendirian Modern Province ini memakan waktu sekitar empat tahun, sejak 2015.

Peresmian Gorontalo Modern Broadband Province yang menggunakan berbagai pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) tersebut menjadikan Gorontalo sebagai Modern Broadband Province pertama di Kawasan Timur Indonesia. “Telkom mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan Pemerintah Provinsi sehingga Gorontalo  menjadi provinsi pertama  di KTI yang diwujudkan sebagai Modern Province,” kata Zulhelfi Abidin.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengapresiasi Gorontalo yang sudah terhubung dengan jaringan 100% fiber optik. Idris Rahim mengharapkan kehadiran konektivitas fiber optik ini dapat mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang sejalan dengan visi Gorontalo, yakni mewujudkan masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera.

Baca juga :   Telkom Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia Melalui Kampanye Produk UMKM Lokal

Keberadaan Modern Broadband Province tentunya memungkinkan digital life style dapat langsung dinikmati oleh masyarakat bahkan dari rumah sendiri. Demam IOT (Internet Of Things) mendorong Telkom untuk memberikan layanan berkualitas bagi masyarakat sehingga dari dalam rumah pun produktivitas dan kreativitas tetap dapat dimaksimalkan.

Implementasi Modern Broadband Province tentunya akan semakin nyata dengan kualitas layanan yang semakin baik, sektor UKM ataupun industri lain di Gorontalo dapat pula menikmati layanan digital ini untuk menggenjot produktivitas karena teknologi berbasis fiber optik mampu memberikan bandwidth lebih besar dan resiko gangguan lebih kecil.

Lebih jauh, keberadaan infrastruktur yang lebih mumpuni ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk memajukan perekonomian Gorontalo. Modern Broadband Province ini menjadi bukti bahwa Gorontalo siap menjadi kawasan modern dan siap bersaing dengan provinsi lain termasuk dengan kawasan lain di Pulau Jawa.