Jelang Pembukaan Asian Games 2018 Dirut Telkom Pantau Langsung Kesiapan Infrastruktur dan Layanan TelkomGroup

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga saat meninjau dan memberikan memberikan pesan motivasi kepada para personil TelkomGroup yang bersiaga 24/7 untuk Dukungan Asian Games XVIII di Mini Network Operation Center (NOC) TelkomGroup di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/8).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Kesiapan infrastruktur dan layanan TelkomGroup ditinjau langsung oleh Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Rabu (15/8).

Alex menyatakan bahwa seluruh infrastruktur dan layanan telekomunikasi TelkomGroup telah siap untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. “Demi menyukseskan Asian Games, TelkomGroup memiliki komitmen untuk mewujudkan sukses kapasitas dan kualitas. Sukses kapasitas dalam menyediakan infrastruktur dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna, serta sukses kualitas dalam menjamin layanan terbaik bagi para pengguna. Dua sukses tersebut diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap bisnis TelkomGroup. Namun yang terpenting bagi TelkomGroup adalah mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games bersama seluruh pihak, termasuk INASGOC dan penyedia layanan ICT lainnya,” ujar Alex.

Untuk mengakomodasi kebutuhan data dan internet selama Asian Games 2018, TelkomGroup menyediakan 1.070 access point (AP) wifi dengan total bandwidth internet lebih dari 200 Gbps, dimana 396 AP dialokasikan di GBK mengingat area tersebut merupakan lokasi pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 serta sejumlah pertandingan cabang olahraga.

Selama pertandingan berlangsung, TelkomGroup mendukung Games Management System (GMS) dengan infrastruktur Wide Area Network (WAN) berteknologi fiber optic. Diharapkan, dengan dukungan ini seluruh operasional perangkat pertandingan yang terhubung melalui GMS akan berjalan dengan baik.

Selain itu, sebanyak 8.700 unit IndiHome juga disediakan Telkom di beberapa lokasi, khususnya di wisma atlet guna memberikan experience bagi para atlet dan tim ofisial. Selain itu, TelkomGroup juga memenuhi kebutuhan broadcasting bagi para jurnalis mancanegara dengan menyediakan 8 unit satellite news gathering (SNG) di area media center, baik di Jakarta maupun Palembang.

Telkomsel sebagai anak usaha Telkom yang menjadi Official Prestige Mobile Partner Asian Games 2018, turut mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 melalui penyediaan infrastruktur 124 BTS 4.5G dan 120 BTS yang mencakup seluruh lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018. Di samping itu, Telkomsel juga menyediakan 27 ribu starter pack edisi Asian Games 2018 bagi para atlet, tim ofisial, panitia penyelenggara dan masyarakat umum.

Demi menjaga kualitas layanan yang diberikan, TelkomGroup mengerahkan sebanyak 2.700 personil yang bersiaga selama 24/7. Seluruh personil yang dikerahkan TelkomGroup telah memilki pengetahuan serta pengalaman dalam menjaga kualitas layanan TelkomGroup di berbagai perhelatan nasional hingga internasional.

Telkom sebagai Official Prestige Telco Partner dan Telkomsel sebagai Official Prestige Mobile Partner, menyediakan fasilitas telekomukasi dan layanan video, internet, dan phone (VIP) di semua lokasi penyelenggaraan Asian Games di antaranya Media Center, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue pertandingan (MASIV). Melalui dukungan infrastruktur dan layanan telekomunikasi, TelkomGroup berkomitmen mendukung kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018.

Comments

comments