Mempersiapkan Generasi Penerus Menjadi Pemimpin Teknologi Global TelkomGroup dan Telstra Sepakati Kerjasama Talent Exchange Pilot Program

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan (kanan) dan Group Executive of Enterprise Telstra Brendon Riley (kiri) disaksikan oleh Pejabat Sementara DUBES Australia untuk Indonesia Dr. Bradley Armstrong (tengah) saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Talent Exchange Pilot Program di Telkom Landmark Tower Jakarta, Jumat (25/8)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Telstra, perusahaan telekomunikasi dan teknologi terkemuka di Australia, menegaskan komitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusia diantaranya dengan melaksanakan pertukaran talent (karyawan).

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Group Executive of Enterprise Telstra Brendon Riley menandatangani memorandum of understanding (MoU) mengenai Talent Exchange Pilot Program di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Jumat (25/8).

Nota kesepahaman ini merupakan kesepakatan untuk mencapai tujuan kedua perusahaan dalam mempersiapkan dan mengembangkan talent (karyawan) yang berwawasan global.

Sebagai bagian dari MoU, kedua perusahaan memulai uji coba program pertukaran karyawan selama enam bulan dimana masing-masing perusahaan mengirimkan 6 karyawan untuk mengikuti dua program pertukaran yang dilaksanakan serentak, yaitu Project Team Program dan Talent Swap Program

Baca juga :   IDX Appreciation dari OJK dan BEI Kinerja Telkom Dinilai Terbaik

Karyawan yang terlibat pada Project Team Program akan bekerja untuk project yang telah ditentukan oleh perusahaan dan unit bisnis yang akan ditempati. Sementara itu, karyawan yang terlibat dalam Talent Swap Program akan bertukar perusahaan serta melaksanakan tugas dan menjalankan peran yang sama dengan yang telah dilakukan sebelumnya di masing-masing perusahaan.

Usai penandatanganan Nota Kesepahaman, Dian Rachmawan mengatakan, TelkomGroup menyambut baik terselenggaranya program pertukaran talent antara TelkomGroup dan Telstra. “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia yang telah melakukan ekspansi internasional di 10 negara, kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan. Melalui program ini, para talent yang terlibat akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang diharapkan mampu menginspirasi mereka dalam menciptakan inovasi bisnis yang disesuaikan dengan dinamika industri secara global guna mendorong kemajuan perusahaan. Seluruh karyawan TelkomGroup dari berbagai unit bisnis, termasuk karyawan anak perusahaan, mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengikuti program ini” ungkap Dian Rachmawan.

Baca juga :   Safari Ramadhan BUMN 2023: Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Sementara itu, Brendon Riley mengatakan, program pertukaran talent ini memberikan kesempatan kepada karyawan kedua perusahaan, baik TelkomGroup maupun Telstra, untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan mereka di bidang-bidang tertentu dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin bisnis di industri telekomunikasi dan teknologi digital yang terus tumbuh di regional Asia-Pacific. “Bisnis perusahaan kami telah tumbuh dengan pesat melintasi Asia. Oleh karena itu, kami memerlukan talent pool dan future leaders yang memiliki mindset global untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan. Kami juga gembira dapat melanjutkan kerjasama dengan Telkom, khususnya dalam hal mendidik karyawan dan membangun kapabilitas global sumber daya manusia antar dua perusahaan,” ujar Brendon Riley.

Baca juga :   Telkom Umumkan Pemenang Program “IndiHome Miliarder Semarak Kebahagiaan” Tahap II

“Telstra beruntung telah menjalin kerjasama positif dengan Telkom sejak tiga tahun lalu. Kami bersama-sama menyediakan kebutuhan enterprise customers, mengingat bahwa saat ini korporasi-korporasi telah mulai melakukan transformasi digital dan menggunakan network applications and services melalui perusahaan joint venture yang kami bangun yaitu telkomtelstra,” imbuh Brendon Riley.

Program pertukaran talent yang akan dimulai pada November 2017 ini diharapakan dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi karyawan, sehingga para talents yang terlibat dapat menjadi akselerator kemajuan bisnis perusahaan dan mampu memperkuat posisi TelkomGroup dan Telstra sebagai leading players di industri information and communication technology (ICT) di kawasan Asia-Pacific.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.