Telkom Metra Ambil Alih 51% Saham PT Swadharma Sarana Informatika (SSI)

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan (tengah) bersama Direktur Utama Telkom Metra Otong Iip (ketiga dari kanan), Ketua Yayasan Danar Dana Swadharma (YDDS) Tri Mulyo (paling kiri), Direktur Utama PT Tri Handayani Utama (THU) Edi Siswanto (kedua dari kiri), Ketua Koperasi Swadharma Andri Widoyono (ketiga dari kiri) usai penandatanganan akta jual beli saham PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) di Jakarta (2/4).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Multimedia Nusantara (Telkom Metra) resmi mengakuisisi 51% PT Swadharma Sarana Informatika (SSI), sebuah perusahaan penunjang jasa keuangan. 

Penandatanganan akta jual beli saham dilakukan oleh Direktur Utama Telkom Metra Otong Iip, Direktur Utama PT Tri Handayani Utama (THU), Direktur Utama PT Swadharma Sarana Informatika, pengurus Yayasan Danar Dana Swadharma (YDDS) dan Pengurus Koperasi Swadharma serta disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Services Telkom Dian Rachmawan di Jakarta, Senin (2/4/2018).

Direktur Enterprise & Business Services Telkom Dian Rachmawan mengatakan, akuisisi ini sejalan dengan visi Telkom Metra, yakni menjadi perusahaan terkemuka dan terdepan di industri information, media & edutainment (IME) di kawasan regional“Pengambil alihan mayoritas saham SSI merupakan langkah strategis Telkom Metra untuk membangun ekosistem bisnis IME yang kuat,” tambahnya.

Baca juga :   Siap Hadapi Teknologi 5G TelkomGroup Akuisisi 2.100 Menara Indosat Ooreedoo

Dian menambahkanDengan adanya aksi korporasi ini diharapkan memberikan nilai tambah  kepada Telkom Metra dan dapat memaksimalkan synergy value melalui optimalisasi sinergi ekosistem di dalam Telkom Group serta menaikkan  potensi peluang pasar eksternal.” Menurut Dian, langkah strategis ini merupakan upaya TelkomGroup untuk melengkapi ekosistem dan kompetensi di bidang solusi ICT yang menyeluruh (end-to-end) untuk sektor finansial perbankan dan asuransi. “Kami yakin aksi korporasi ini dapat mempercepat transformasi TelkomGroup menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi digital terbaik,” jelas Dian. 

Setelah proses akuisisi ini,  Telkom Metra menjadi pemegang saham 51% di SSI, sementara sisa saham dimiliki oleh YDDS 25%, THU 14,2% dan Koperasi Swadharma 9,8%.  Dengan proses akuisisi ini,  Telkom Metra akan mengoptimalkan SSI yang telah memiliki kapabilitas, produk dan solusi yang mendukung bisnis keuangan bank HIMBARA maupun bank nasional lainnya sehingga layanan yang diberikan diharapkan lebih optimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.