Telkom University Choir Berjaya di 31st International Franz Schubert Choir Competition – Vienna, Austria

Telkom University Choir berhasil meraih juara 1 dalam ajang “31st International Franz Schubert Choir Competition” di Vienna, Austria, yang diadakan oleh Interkultur, Germany pada tanggal 30 Mei – 3 Juni 2018. Telkom University Choir mendapatkan juara 1 di dua kategori lomba yaitu kategori Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3).

Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia, Telkom University Choir bertanding dengan 17 paduan suara lainnya yang berasal dari 11 negara yaitu Austria, Denmark, Estonia, Norwegia, China Taipei, Filipina, Russia, Singapore, Turki, Amerika, dan Vietnam.

Telkom University Choir yang beranggotakan 34 orang penyanyi, dan 1 orang conductor ini dipercaya sebagai paduan suara pembuka yang tampil dalam Opening Ceremony kompetisi ini yang berlangsung di Votivkirche dengan membawakan lagulagu tradisional Indonesia disertai dengan tarian dan kostum yang menunjukan dan memperkenalkan identitas budaya Indonesia.

Baca juga :   Menjadi Vehicle Inklusi Keuangan Digital TelkomGroup, Finnet Berkolaborasi Dengan Topindoku Majukan Digital Payment di Kalimantan

Pada kategori Sacred Choral Music (S) yang diadakan pada tanggal 1 Juni 2018 di Minoritenkirche, Telkom University Choir membawakan 3 komposisi karya sakral dari berbagai zaman musik, Exultate Deo karya Giovanni Pierluigi da Palestrina, Abendlied karya Josef Gabriel Rheinberger, dan Gloria Patri karya komposer Indonesia yaitu Budi Susanto Yohanes.

Tim ini pula membawakan karya-karya lain pada kategori Mixed Youth Choir (G3) yaitu The Heavens’ Flock karya Eriks Esenvalds, Salve Regina karya Franz Schubert, Fajar dan Senja II karya Ken Steven dan Gaur Akelarre karya Josu Elberdin. Dalam penampilannya kali ini Telkom University Choir mendapatkan dukungan langsung dari warga Indonesia yang tinggal di Austria serta Bapak Dubes RI Austria dan Staff Kedutaan Besar Republik Indonesia di Austria yang datang langsung menyaksikan Telkom University Choir berkompetisi di Wiener Konzerthaus pada tanggal 2 Juni 2018.

Baca juga :   RevoIusi Mental Telkom Meraih Penghargaan Best of the Best BUMN

Dalam kompetisi ini Telkom University Choir berhasil mendapatkan juara kategori di 2 kategori dengan predikat Gold Diplome Level VI dan mendapatkan skor tertinggi pada kompetisi tersebut serta medapatkan Qualified I sebagai kualifikasi untuk mengikuti kompetisi tertinggi di Interkultur.

Ketua tim keberangkatan Telkom University Choir, Ryan mengatakan bahwa ia sangat bersyukur dengan pencapaian yang telah diraihnya bersama dengan rekan-rekannya. Menurutnya, pencapaian yang didapat dalam kompetisi kali ini bisa menjadi semangat dan acuan untuk menghadapi kompetisi berikutnya.

Saat ini Telkom University Choir sedang persiapan menuju kompetisi berikutnya yaitu 9th International Krakow Choir Festival ‘Cracovia Cantans’ – Krakow, Poland yang berlangsung pada tanggal 7-10 Jui 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.