TelkomGroup Siapkan Layanan ICT untuk Sukseskan Pembukaan dan Penyelenggaraan PON XX Papua 2021

Penyelenggaraan PON XX Papua 2021
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kanan) meninjau & memastikan kesiapan dukungan TelkomGroup dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021 di Jayapura, Jumat (1/10).

Jelang pembukaan penyelenggaraan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, pada tanggal 2 Oktober 2021 esok, berbagai persiapan dan pengecekan terus dilakukan termasuk dari sisi penyiapan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi. Acara pembukaan sendiri dipusatkan di Stadion Lukas Enembe yang akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo beserta tamu VVIP lainnya.

Dalam hal ini,  PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk (Telkom) sebagai official partner ICT penyelenggaraan PON XX Papua menyiapkan dukungan infrastruktur serta layanan ICT untuk menyukseskan rangkaian penyelenggaraan PON XX Papua 2021, baik di venue pertandingan, akomodasi hotel yang dipergunakan oleh kontingen maupun atlet, media center serta sarana prasarana penunjang lainnya.

Guna memastikan kualitas infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Telkom mengerahkan teknisi dan helper yang proaktif lebih dari 1.000 personel yang akan bertugas selama acara berlangsung. Personel tersebut terdiri dari teknisi khusus dan expert reguler yang akan bersiaga 7×24 jam sepanjang pelaksanaan PON XX Papua 2021 serta bertugas di 49 venue di empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga :   Dukung eSport Indonesia, IndiHome Gelar “IndiHome Gamers Invitational Tournament 2019”

Selain di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, Telkom secara nasional juga menempatkan tim di area lain Indonesia untuk melakukan mitigasi risiko pada jaringan Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, kabel bawah laut, dan monitoring jaringan, baik nasional maupun internasional yang terpusat di Jakarta dan Bandung.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara yang hadir memonitor tim secara langsung di Jayapura menyampaikan, “Sebagai official platinum telco partner, Telkom berkomitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX Papua 2021, baik itu sukses kapasitas maupun kualitas. Kami juga menyiapkan puluhan helper mengenakan rompi hijau berlogo Telkom yang standby di venue pertandingan dan hotline layanan contact center untuk memudahkan panitia PON dalam memperoleh informasi serta menggunakan manfaat layanan TelkomGroup dengan nyaman”.

Baca juga :   BUMN Goes to Campus 2019 Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dan Motivasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Edi menjelaskan, “TelkomGroup menyediakan layanan Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service di area pertandingan (venue), hotel dan akomodasi, serta bandara. Khusus bagi tamu-tamu hotel, kami juga telah melakukan upgrade bandwidth di 22 hotel yang tersebar di Jayapura, Abepura, Timika, dan Merauke”.

Secara umum, Telkom menyiapkan layanan internet dengan total bandwidth lebih dari 11,5 Gbps yang dilengkapi sistem pencadangan (backup). Untuk antisipasi serangan siber, Telkom melakukan kolaborasi pengamanan network dengan berbagai pihak di antaranya Kementerian Kominfo, BSSN, Polri, serta TNI.

Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome yang terpasang di beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding. Selain itu, sebanyak 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021 dan ruang publik yang bisa diakses masyarakat secara gratis. Telkom juga menyediakan 2 Satelite News Gathering dan 4 media center, yakni 1 main media center di Kota Jayapura serta 3 mini media center di Kab. Jayapura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke.

Baca juga :   Dukung Kebijakan Belajar, Bekerja dan Beribadah dari Rumah, Kementerian BUMN Pastikan Kualitas Layanan Prima dan Sediakan Fasilitas Belajar Jarak Jauh

Selanjutnya, Telkom melalui anak perusahaannya Telkomsel juga memastikan penguatan sinyal layanan seluler dengan mengerahkan 192 BTS dan menjaga ketersediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas dengan menyiagakan puluhan genset, puluhan Support Catu Daya (SCD) Mobile, serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS. Selama perhelatan PON XX Papua 2021, Telkomsel juga akan menghadirkan “Telkomsel 5G Experience Center” yang berlokasi di Stadion Lukas Enembe kepada para pengunjung, terutama masyarakat Papua untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case yang dilengkapi dengan teknologi 5G.

“Dengan semua kesiapan dan tes yang kami lakukan, kami optimis dapat memberikan pengalaman layanan digital terbaik bagi masyarakat di penyelenggaraan PON XX Papua 2021 ini,” tutup Edi.

#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik