100 Musisi Gelar Konser Amal untuk Sulteng

Triawan Munaf, Kepala Bekraf. (Foto: Bekraf/Youngsters.id)

youngster.id - Para artis dan seniman Indonesia berinisiatif menggelar konser kemanusiaan untuk menggalang dana bagi para korban bencana, dengan tajuk ‘Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits Untuk Palu dan Donggala, Sulteng. Konser kemanusiaan Jumat besok akan diikuti para musisi lintas generasi termasuk Elek Yo Band yang beranggotakan sejumlah anggota kabinet.

Konser ini diprakarsai oleh Komunitas Biduan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ikatan Alumni UI (Iluni), Tokopedia dan sejumlah pihak lain. Rencanananya konser ini akan menjadi kolaborasi seni dan kebudayaan dengan keahlian masing-masing penampil.

“Gerakan sosial ini memang sengaja dikemas dalam gerakan kreatif. Dan dengan gerakan seperti ini terbukti berhasil mengumpulkan dana dan mengetuk hati masyarakat untuk mendermakan sejumlah uangnya untuk membantu saudara-saudaranya yang terkena bencana di Palu dan Donggala,” kata Triawan Munaf Kepala Bekraf pada jumpa pers Rabu (3/10/2018) di Jakarta.

Sejumlah pengisi acara mulai dari Raisa, Tulus, Ikang Fawzi, Krisdayanti, Dira Sugandi, Lea Simanjuntak, Inul Daratista, Afgan, Glenn Fredly, Tompi dan sederet musisi lain. Mereka akan tampil pada 5 Oktober 2018 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan pukul 13.00 – 23.00 WIB.

Baca juga :   Peluang Berbisnis di Indonesia Besar

“Dan konser kemanusiaan ini, terbukti telah melampaui ekspektasi seperti yang terjadi di konser untuk Lombok kemarin. Dan kali ini dengan kolaborasi yang lebih masif dan banyaknya seniman yang berpartisipasi, kita berharap mampu menghimpun dana bantuan yang lebih besar yang nantinya bisa membantu masyarakat di sana (Palu dan Donggala),” kata Triawan lagi.

Pihak Community Development Center Iluni UI yang diwakili oleh Ketua Umum PP Uluni UI, Arief Budhy Hardono menyatakan kegiatan yang mereka lakukan ini sebagai wujud bakti mereka terhadap negeri.

“Kami bersyukur masayarakat Indonesia masih punya jiwa sosial yang besar terhadap nasib yang menimpa saudara-saudaranya yang terkena musibah seperti di Palu, Donggala dan Lombok. Dan melalui komunikasi yang intensif dengan sahabat-sahabat kita alumni UI yang tersebar di seluruh Indonesia, dan dibantu sejumlah musisi dan pekerja kreatif di Indonesia, akhirnya kami bisa menyelenggarakan acara ini,” kata Arief.

“Harapannya, dengan bantuan yang disumbangkan ini, saudara-saudara kita yang terkena musibah seperti di Palu dan Donggala ini dapat terbantu. Dan semua dana yang terkumpul dari donasi ini akan semuanya kami salurkan kepada mereka di sana, baik bantuannya berupa bantuan makanan, miniman, obat-obatan, tenda, logistik dan pendampingan pemulihan trauma serta pembangunan rumah-rumah sementara bagi para korban bencana gempa dan tsunami yang ada di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.”

Baca juga :   Kolaborasi Bekraf & Nippon Paint Jaring Industri Kreatif Arsitektur Di Indonesia

Penyanyi Glenn Fredly mengatakan sangat mengapreasiasi keinginan besar rekan-rekan musisi yang ingin bergabung dalam kegiatan sosial yang mereka adakan untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah.

“Sangat apreasiasi langkah teman-teman musisi yang mau ikut bergabung di acara galang dana untuk bencana alam gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Ini membuktikan keberagaman yang terjadi selama ini ternyata bisa mempersatukan kita sebagai anak bangsa yang melihat penderitaan anak bangsa yang lain,” kata Glenn.

Glenn menegaskan 100% dana yang berhasil dihimpun dalam konser nanti akan disumbangkan kepada korban bencana, termasuk untuk perbaikan sarana dan prasarana dan pendampingan trauma healing pascamusibah.

STEVY WIDIA