16 Juara Indonesia Next Apps 4.0

(tengah atas) KangHyun Lee, Corporate Affair VP Samsung Electronics Indonesia bersama para juara Indonesia Next Apps 4.0, Senin (09/10/2017) di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta. (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Ajang tahunan Indonesia Next Apps 4.0 yang diselenggarakan oleh Samsung Indonesia mengumumkan 16 pemenang atas delapan kategori aplikasi. Mereka unggul atas 1.600 developer lokal yang ikut di ajang tersebut.

“Teknologi terus berkembang setiap tahun, dan banyak menarik perhatian anak-anak muda sehingga mereka tidak hanya sebagai pengguna, tapi juga penciptanya,” kata Kang Hyun Lee, Corporate Affair VP Samsung Electronics Indonesia di acara Indonesia Next Apps 4.0,Senin (09/10/2017) di Jakarta.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian dan Badan Ekonomi Kreatif.

Menkominfo RI, Rudiantara mengatakan, ajang seperti ini menjadi kesempatan baik di kalangan industri, pemerintah, dan komunitas developer untuk duduk bersama dan berdiskusi. Harapannya, ajang seperti ini tidak berhenti dilaksanakan, setiap peserta yang ikut serta diberdayakan usai ajang ini.

“Kalau 1.600 developer ini kalau buat Singapura mungkin besar, tapi kalau di Indonesia masih sangat kecil. Jadi kalau bisa setiap tahun jumlahnya diperbanyak apalagi kalau nanti broadband internet sudah masuk ke semua kabupaten di Indonesia,” tutur Rudiantara.

Para pemenang Indonesia Next Apps 4.0 terbagi dari empat kategori utama yakni Samsung SDK, Gear VR, Tizen Smartphone dan Tizen Wearable. Selain dari empat kategori tersebut, ada empat kategori tambahan yakni Industri Challenge yang terbagi dalam empat sub kategori yakni perbankan (Bank BRI), pelayanan publik (PT Angkasa Pura II), tata kota (Jakarta Smart City), dan properti (PT Sinarmas Land).

Empat kategori tersebut memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 600 juta untuk dibagikan kepada tiga juara di tiap kategori. Kategori tantangan industri mendapat hadiah beserta dukungan pengembangan dan pemasaran aplikasi dengan nilai total Rp 50 juta serta hadiah tambahan dari IBM untuk pemenang yang menggunakan platform Cloud IBM Bluemix.

Berikut daftar para pemenangnya:

1. Kategori Samsung SDK Challenge
• Mona buatan Arrival Sentosa dari ODT Indonesia, Jakarta.
• Kato buatan Sulistyanto, Jakarta.
• Athlest buatan Ian Rahman Dana, Depok.

2. Kategori VR Challenge
• GoSimulator VR buatan Iki Mazadi dari Gerobak Sodor Interactive, Semarang.
• Starship Infiltration VR buatan Lazuardi Ya’qub Affan dari Calcatz Studio, Surabaya.
• Sky Battle Arena buatan Widapraponco, Sidoarjo.

3. Tizen Smartphone Challenge
• Crazy Cargo buatan Rudy Sumarso dari Wisageni, Yogyakarta.
• Kitaria Heroes: Force Bender buatan Yogie Aditya, Yogyakarta.
• Relaxio buatan Adi Nugroho dsri Lonely Box, Malang.

4. Tizen Wearable Challenge
• Fishing Go buatan Frida Uwi dari Studio Noobzilla, Yogyakarta.
• Snipe n Watch buatan Gathot Fajar dari Creacle, Yogyakarta.
• Mucha Gun buatan Rizal Saputra dari Noxtage, Yogyakarta.

5. Kategori Industry Challenge
• UKM Bersama BRI buatan Toyo Studio, Bandung (Kategori Perbankan).
• Skypass buatan Puja Pramudya, Bandung (Kategori Pelayanan Publik).
• Museum buatan Davis Ray, Jakarta (Kategori Tata Kota).
• City Point buatan Ade Rofaldi, Bandung (Kategori Properti).

 

STEVY WIDIA