17 Startup Lolos Batch 3 Akselerator Startup GK-PnP

Startup teknologi yang tergabung dalam program akselerasi batch ketiga GK PNP. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Akselerator startup GK – Plug and Play memperkenalkan 17 startup teknologi yang tergabung dalam program akselerasi batch ketiganya dalam showcase bertajuk “The Uncovered Innovation”. Startup yang lolos itu menawarkan inovasi teknologi pada berbagai bidang mulai dari teknologi finansial, pertanian, mobility, sampai energi.

Managing Director Plug and Play Indonesia Wesley Harjono mengatakan, sejumlah startup tersebut melalui proses seleksi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

“Inovasi yang kami cari bukan sekadar terlihat menarik, tapi bagaimana benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi Jumat (3/8/2018) di Jakarta.

Menurutnya, beragam inovasi yang disediakan belasan startup tersebut dapat mengubah industri di masa depan. Beragam teknologi yang digunakan mencakup adopsi drone untuk pengiriman vaksin dan darah ke area terpinggir, sampai teknologi aerial spectral imagery yang dapat menyediakan informasi akurat untuk sektor pertanian.

GK-Plug and Play menilai kualitas dan tingkat kematangan startup teknologi di Indonesia terus meningkat dalam 2 tahun terakhir. Hal tersebut tergambar dari terus meningkatnya partisipasi startup di dalam tiap batch program akselerator GK-Plug and Play.

Baca juga :   Pemasaran Daring Pebisnis UKM Sasar Pasar Luar Negeri

Wesley menyatakan beberapa tahun silam begitu banyak terlahir startup teknologi yang mengembangkan layanan berbasis penggunaan software. Namun, dalam 2 tahun terakhir mulai banyak terlahir startup teknologi yang mulai merancang produk untuk sektor pertanian, internet of things, mobility, dan sustainability.

“Hal itu mengingat akan keberadaan negara Indonesia sebagai negara agraris sehingga banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan di bidang pertanian. Di sisi lain, Indonesia juga negara maritim di mana akses masih menjadi salah satu tantangannya. Kami berharap startup-startup ini dapat mengisi kekosongan-kekosongan yang saat ini masih terjadi,” katanya.

Ke 17 startup yang lols adalah Asura, AeroEnvoy, Teknojek, Bildeco, Bahasa.Ai, dan Halofina. Kemudian Merapi Tani, Gradana, Resync Technology, BLH Aqua, Yousolar, Datarobot, Ceres Imaging, Calty Farm dan Pijar Psikologi.

 

STEVY WIDIA