youngster.id - Dalam rangka pemaparan publik, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2017. Manajemen PT XL Axiata Tbk (XL) kembali menegaskan komitmen untuk berfokus menuju perusahaan layanan digital (digital-focused company).
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata akan meningkatkan pengembangan jaringan Data yang lebih kuat, segmentasi pasar yang terfokus, serta menjadi penyelenggara Data pilihan pelanggan.
“Yang pasti kami selalu memahami perubahan perilaku pelanggan dalam berkomunikasi. Dari berbagai data dan analisa informasi yang ada, kami yakin pertumbuhan di masa mendatang hanya akan datang dari bisnis layanan data dan layanan digital. Karena itu, membangun kapabilitas pada bisnis data adalah kunci bagi XL Axiata untuk bisa tumbuh lebih baik di di masa mendatang,” ucap Dian dalam konferensi pers, Jumat (31/3/2017) di Jakarta
Lebih lanjut Dian menjelaskan, trafik layanan data XL selama 5 tahun terakhir terus tumbuh cukup signifikan. Peningkatan penggunaan layanan data ini tidak terlepas dari tersedianya perangkat ponsel pintar (smartphone) dengan harga yang semakin terjangkau oleh masyarakat luas, serta berbagai pilihan paket layanan data yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan (daya beli). “Trafik data diproyeksikan akan terus tumbuh yang didorong oleh pertumbuhan tingkat penggunaan layanan internet cepat 4G LTE yang lebih cepat dari prediksi,” ujarnya.
Untuk keperluan digitalisasi ini, XL Axiata menganggarkan belanja modal sebesar kurang lebih Rp 7 triliun. Direktur Independen Yessie D. Yosetya menegaskan, alokasi belanja modal tersebut sesuai dengan fokus XL Axiata di tahun 2017 ini, yaitu memperluas jaringan 4G dan meningkatkan kualitas jaringan 3G terutama di luar Jawa.
Karena itu, pada 2017 ini, akan dibangun sekitar 17 ribu BTS 4G dan sekitar 16 ribu BTS U900 (3G) di berbagai daerah. Saat ini, jangkauan layanan XL 2G telah mencakup 93% populasi, 3G sekitar 91%, dan 4G sekitar 53%. Dengan pembangunan 16 ribu BTS U900 tahun ini, maka wilayah layanan 3G XL akan meningkat 6x lebih luas terutama di luar Jawa, dengan kualitas layanan yang juga meningkat.
“Untuk saat kami akan berpartisipasi dalam option dan melihat kebutuhan akan frekuensi serta melihat pertambahan pelanggan dan benwit. Kalau dari sisi teknologi kami sudah siap. Tetapi kalau untuk kolaborasi dengan vendor terkait dana tadi. Kami sudah ada vendornya dan sudah ada beberapa yang sign dengan kami dari beberapa partner. Yang jelas, kami terus memperbaiki jaringan dan akses internet. Dan kami telah memilih daerah-daerah yang penggunaan layanan data tinggi memang tinggi, ” kata Yessie menerangkan.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post