youngster.id - Ekosistem UMKM Indonesia makin kondusif, perluas peluang kreator lokal naik kelas. Hal itu bisa terlihat dari gelar Makerfest 2018 yang menghadirkan produk unik dan inspiratif dari 30 kreator lokal. Ajang ini mendorong kreator lokal mendunia.
Sebagai ibukota negara dengan pergerakan aktivitas perekonomian yang tinggi, Jakarta menawarkan peluang usaha yang sangat besar bagi kreator lokal. Perdagangan besar dan eceran merupakan sektor terbesar dalam perekonomian, mencapai 453.812 atau 36,73% dari total usaha yang ada di Jakarta (Sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik, 2016).
Melissa Siska Juminto selaku Vice Chairman MAKERFEST 2018 menjelaskan, hadirnya Makerfest diharapkan dapat mendorong UMKM, khususnya kreator lokal, agar mampu semakin naik kelas.
“MAKERFEST hadir sebagai panggung online dan panggung offline bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem bisnis yang lebih kondusif, sehingga lebih banyak lagi usaha kecil yang dapat tumbuh menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia,” ungkap Melissa dalam keterangannya, Minggu (8/7/2018). Kegiatan ini berlangsung 7-8 Juli di Taman Bintaro XChange, Tangerang.
Melissa melanjutkan, keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sendiri memiliki peranan strategis sebagai penggerak perekonomian masyarakat Indonesia. Upaya-upaya dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi para pelaku UMKM pun terus digalakkan pemerintah, namun kompleksitas pengembangan UMKM Indonesia tidak dapat menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan perlu dukungan dari berbagai pemangku kepentingan lainnya.
“Edukasi bisnis berbasis digital merupakan salah satu semangat yang diangkat dalam Makerfest. Semoga melalui program ini, kami dapat menemukan serta mengasah bakat dan kemampuan lebih banyak lagi kreator lokal Indonesia, tidak terkecuali kreator lokal berkebutuhan khusus seperti di Cheshire,” ucapnya lagi.
Berdasarkan data Tokopedia, pertumbuhan seller di Jakarta dan sekitarnya mencapai lebih dari 100% dibandingkan dengan tahun lalu. Produk kreatif seperti pakaian olahraga, mainan anak, dan peralatan rumah tangga masih menjadi produk yang paling banyak dijual dan dicari di Jakarta. Data tersebut memperlihatkan bahwa masih terdapat peluang besar bagi kreator Jakarta untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform penjualan online dalam memulai dan mengembangkan bisnisnya.
Makerfest sebuah platform independen yang memiliki misi untuk mencari, mengedukasi dan menginspirasi kreator Indonesia, resmi diselenggarakan di Jakarta. Sebanyak 30 kreator lokal dari Jakarta dan sekitarnya mendapatkan kesempatan untuk menjual dan mempresentasikan ide uniknya.
Kreasi yang dihadirkan tergolong beragam, mulai dari produk fashion, aksesoris, peralatan rumah tangga, bahkan moda transportasi seperti sepeda yang dihadirkan dengan konsep dan material yang unik.
Salah satu kolaborator Makerfest 2018 Jakarta, Owner NoonaKu Signature, Florentia Jeanne mengatakan, banyak sekali kesempatan sekaligus dukungan yang diberikan untuk para pelaku UMKM. “Anak muda Indonesia harus jeli memanfaatkan peluang tersebut. Semoga melalui Makerfest, semakin banyak kreator lokal yang terdorong untuk memulai dan mengembangkan usahanya, sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat,” ungkapnya.
Ajang ini sudah hadir di Medan, Padang dan Jakarta dan akan datang di 5 kota, termasuk Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Di setiap kota, MAKERFEST memberikan edukasi dan pendampingan usaha sehingga kreator lokal mampu lebih siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan, termasuk dalam hal strategi bisnis, branding, pemasaran dan permodalan.
Di puncak acara MAKERFEST pada Desember mendatang, tiga kreator lokal terbaik dari Jakarta dan sekitarnya akan berkompetisi dengan 21 kreator lokal terpilih dari kota-kota lainnya. Mereka akan memperebutkan hadiah utama berupa modal usaha sebesar Rp 1 miliar, juga pendampingan usaha dalam bentuk konsultasi branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional, serta akses ke pameran dan jalur distribusi internasional.
STEVY WIDIA
Discussion about this post