5 Tips Jadi Profesional Mobile Travel Photography

Butuh trik mengambil foto yang bagus hanya dengan bermodalkan smartphone. (Foto : ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Tren mobile photography sedang menjamur di Indonesia. Apalagi didukung fitur ponsel kian canggih dan multifungsi. Dengan semakin canggihnya smartphone dan tingginya penggunaan media sosial seperti Instagram dan Facebook, tren mobile photography pun semakin berkembang pesat.

Smartphone telah menjadi alternatif baru untuk menciptakan dan mengabadikan kenangan-kenangan saat liburan dengan foto ataupun video. Keunggulan smartphone terletak pada bodinya yang tipis, ringan, mudah dioperasikan siapa saja, serta lebih praktis untuk dibawa kemana saja, bahkan ke dalam air.

Jadi, bagaimana cara mengambil foto yang bagus hanya dengan bermodalkan smartphone? Renaldi Ahmad, seorang profesional dalam mobile photography dan penggemar jalan-jalan, berbagi tips dan triknya tentang bagaimana cara terbaik untuk mengabadikan momen-momen liburan hanya dengan menggunakan smartphone:

1. Susun daftar destinasi dan objek yang ingin dipotret

Pertama-tama, lakukan riset tentang destinasi liburan Anda, pilihlah tempat-tempat spesifik yang ingin dikunjungi sehingga Anda bisa merancang rencana perjalanan sesuai jadwal dan anggaran. Setelah menyusun daftar destinasi, Anda bisa memulai membuat daftar objek yang ingin difoto, seperti bangunan bersejarah, festival, atau foto-foto jalanan bebas yang menggambarkan adat budaya lokal. Daftar ini berfungsi untuk membantu Anda mengelola waktu agar Anda memiliki kesempatan untuk mengambil foto semua objek dengan waktu yang ada.

Baca juga :   BTN dan NU Luncurkan Aplikasi Wakaf

2. Terapkan Rule of Thirds untuk komposisi foto yang lebih baik

Faktor komposisi berperan penting dalam membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan Rule of Thirds. Bagi bingkai foto menjadi 3×3 sehingga Anda memiliki sembilan bagian dengan ukuran yang sama. Ketika Anda hendak mengambil foto, tempatkan objek foto utamanya (orang-orang, bangunan, atau makanan) di persimpangan antara kisi-kisi atau searah dengan garis pemisah antarkisi. Ini akan memudahkan orang-orang untuk melihat objek foto utama secara lebih natural dan hasil fotonya akan terlihat lebih seimbang daripada menempatkan objek foto jauh dari garis.

3. Ikuti Leading Line

Melengkapi Rule of Thirds, Leading Line adalah garis di dalam gambar yang akan mengarahkan mata ke objek foto. Garis ini dapat berupa apa saja, misalnya jalanan, garis pantai, atau bagian arsitektur dari sebuah gedung.

4. Masukan elemen-elemen kehidupan

Menghasilkan foto yang bagus saja tentu tidak cukup. Anda ingin membuat foto yang menggugah, foto yang mampu menarik audiens, bahkan tanpa perlu teks atau caption tambahan. Oleh karena itu, Anda harus memasukkan elemen-elemen kehidupan ke dalam foto Anda. Memasukkan “manusia” sebagai elemen foto adalah cara yang paling mudah untuk melibatkan audiens. Misalnya: sebuah foto makanan dengan latar yang polos terlihat bagus, tetapi Anda dapat membuatnya lebih bagus lagi dengan menempatkan tangan yang sedang meraih makan tersebut.

Baca juga :   Pemerintah Persiapkan Peta Jalan Untuk E-Commerce

5. Mengedit dan back-up adalah keharusan dalam mobile photography

Setelah selesai berburu foto, Anda mungkin ingin mengedit komposisi, pengaturan warna atau tingkat kecerahan foto. Dengan semakin banyaknya jumlah aplikasi foto editor pada perangkat mobile, jangan ragu untuk mengedit foto agar hasilnya sesuai dengan selera. Kemudian terakhir, langkah yang sering dilupakan adalah melakukan back up foto. Setelah menghabiskan waktu dan usaha untuk memproduksi foto-foto berkualitas tinggi, jangan lupa untuk menyimpannya dari perangkat mobile Anda. Cara yang paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan USB OTG (on-the-go) seperti SanDisk Dual Drive yang kompatibel dengan smartphone, tablet dan laptop, sehingga Anda dapat memindahkan foto dari satu gagdget ke gadget lain tanpa hambatan.

Selain berfungsi sebagai cadangan, OTG portabel ini juga dapat membantu Anda menambah kapasitas memori internal pada smartphone, sehingga Anda selalu siap untuk mengambil lebih banyak foto saat liburan.

STEVY WIDIA