5 Tips Menjaga Kebersihan Ransel dan Koper Bagi Para Traveler

Travel sudah menjadi gaya hidup milenial.(Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Terlepas dari destinasi wisata yang akan dikunjungi, para pejalan atau biasa disebut traveler umumnya dapat dibedakan berdasarkan jenis tas yang dibawa saat bepergian, yaitu wisatawan dengan tas ransel atau backpack dan wisatawan dengan koper.

Ransel diminati oleh banyak wisatawan karena kemudahan dan kepraktisannya, terutama bagi wisatawan dinamis dengan jiwa petualang yang suka menjelajahi destinasi-destinasi menantang. Lain halnya dengan wisatawan yang lebih suka membawa koper, kenyamanan merupakan poin terpenting ketika bepergian. Wisatawan jenis ini cenderung menyukai kegiatan berwisata yang terorganisir.

Bagi Anda yang sering bepergian, ransel atau koper adalah saksi bisu dan sekaligus menyimpan kenangan menarik Anda selama berwisata. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kualitas bahan dari ransel dan koper sangat diperlukan, sehingga Anda dapat terus membawa teman bepergian Anda ini dalam waktu yang lama.

Menurut Regiana Widjaja, seorang traveler sekaligus pemilik Pressto Indonesia, penyedia layanan Laundry dan Bags Spa baru di Jakarta, koper dan ransel perlu mendapat perawatan

Baca juga :   500 Pelaku UKM Unggulan Ambil Bagian di IFW 2016

“Saat bepergian, koper bersentuhan langsung dengan dunia luar dan berpotensi untuk tergores, kotor, bahkan rusak, sehingga diperlukan tindakan preventif dan juga perawatan setelah pemakaian untuk menjaga ketahanan dari koper tersebut,” ucapnya.

Sebagai penyedia layanan perawatan segala jenis pakaian, sepatu, dan tas, Pressto Indonesia membagikan tips menarik untuk merawat ransel dan koper Anda.

  1. Gunakan pelindung koper dan ransel

Lindungi koper dan ransel Anda dengan kain atau plastik pelindung. Beberapa produsen koper dan ransel menyediakannya saat pembelian. Jika tidak ada, Anda dapat membelinya atau pun menggunakan layanan plastic wrapping di bandara. Untuk koper atau ransel berbahan kulit, Anda dapat menambahkan pelembab kulit khusus tas untuk menjaga kelembaban saat bepergian.

  1. Hindari over-capacity

Jangan memasukkan barang-barang ke dalam ransel atau koper secara berlebihan yang dapat mengakibatkan kelebihan beban atau bahkan merusak bentuk dari tas tersebut. Susunlah barang bawaan Anda di dalam ransel atau koper secara rapi.

“Beban yang terlalu berat dapat merusak roda koper bahkan berpotensi merobek kain pada ransel yang Anda bawa. Oleh karena itu, cermatlah ketika melakukan packing,” kata Regina.

  1. Bersihkan langsung setelah penggunaan
Baca juga :   Circledoo, Platform Pertukaran Keahlian Bagi Generasi Muda

Debu dan kotoran pasti akan melekat di bagian dalam dan luar koper dan ransel Anda, sehingga perlu langsung dibersihkan setelah digunakan. “Kotoran yang terlalu lama dapat meresap ke dalam serat bahan koper dan ransel, sehingga menjadi noda permanen yang sulit untuk dibersihkan,” tutur Regiana.

  1. Kembalikan pesona koper dan ransel dengan re-coloring

Banyak traveler yang kerap kali mengeluhkan kopernya yang tergores atau memudar karena sering digunakan. Solusi re-coloring atau pewarnaan kembali bisa menjadi jalan untuk mengembalikan kondisi koper dan ransel Anda. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk mengganti warna koper favorit Anda, sehingga akan tampak seperti baru dan siap untuk melakukan perjalanan baru lagi.

  1. Simpanlah di tempat yang sejuk dan kering

Penyimpanan menjadi langkah terpenting untuk menjaga kondisi koper dan ransel Anda, terutama untuk menghindari jamur dan bau apek yang mengganggu. Oleh karena itu, gunakan kain pelindung dan jauhkan koper dan ransel Anda dari tempat penyimpanan yang lembab.

 

Baca juga :   Perguruan Tinggi Perlu Perkuat Industri Kecil

HENNI T. SOELAEMAN