7 Fitur, 7 Cara Memulai Percakapan di Twitter: yang Mana Favoritmu?

Twitter. (Foto: Ilustrasi/)

youngster.id - Twitter telah mengubah cara kita berkomunikasi. Sebagai platform di mana percakapan terjadi secara real-time, berbagai fitur di Twitter memungkinkan pengguna berbagi cerita menarik sekaligus mendorong partisipasi publik melalui beragam topik sesuai sesuai minat audiens yang berbeda. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih terhubung dengan audiens mereka, serta menciptakan percakapan yang positif dan sehat di linimasa.

Berikut tujuh fitur Twitter yang dapat kamu gunakan untuk memulai percakapan.

Utas (Thread)

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur yang satu ini: utas, yang biasanya digunakan untuk berbagi cerita horor, pengalaman pribadi atau untuk mengedukasi audiens. Utas di Twitter dapat digunakan untuk menciptakan rangkaian cuitan yang saling berhubungan. Melalui utas, pengguna dapat memberi konteks tambahan, update terkini serta poin-poin tambahan lainnya yang terkait dengan cuitan awalnya secara bersamaan.

Twitter mempermudah pembuatan utasan dengan menambah sebuah tombol di bagian komposer, sehingga pengguna dapat mempublikasikan utasan pada waktu bersamaan. Kamu dapat menambahkan cuitan dalam utasan yang sudah dipublikasikan – dengan menggunakan tombol “Tambahkan Tweet lain.” Selain itu, sekarang lebih mudah untuk menemukan utas karena Twitter telah menambahkan label “Tunjukkan Tweet ini.”

Baca juga :   Karya Kreatif Para Pemuda Harus Bisa Ciptakan Kesejahteraan

Jajak Pendapat (Twitter Poll)

Fitur jajak pendapat di Twitter memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan spesifik kepada audiens dan mengajak followers berpartisipasi dalam percakapan tersebut. Fitur ini telah mempermudah cara pengguna Twitter seperti brands, komunitas, institusi pemerintahan dan media dalam berkomunikasi, karena mereka tidak perlu lagi menyeleksi serangkaian pendapat yang berbeda-beda untuk mengetahui preferensi audiens mereka terkait suatu topik atau isu.

Tagar (Hashtag)

Tagar (#) di Twitter memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan jutaan orang lainnya. Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar untuk memancing, mengelompokkan percakapan, berbagi keseruan serta mempopulerkan suatu isu atau momen. Fitur ini dapat digunakan untuk mempromosikan inisiatif brands, mengedukasi publik seputar isu sosial dan kesadaran lingkungan, atau mempromosikan produk/teknologi baru ataupun berita hiburan terkini seperti #BlibliKWave, #HutanTanpaApi dan #dipisahdirangkai.

Retweet dengan Komentar (Retweet with Comment)

Fitur Retweet with comment di Twitter membantu pengguna mengutip cuitan pengguna lain dengan menambahkan pendapat atau catatan khusus pada cuitan tersebut. Fitur ini memudahkan pengguna dalam membuat referensi sehingga audiens lebih mudah untuk mencari cuitan yang sedang dibicarakan. Mulai bulan Mei 2019 lalu, pengguna juga dapat melakukan Retweet dengan menambahkan elemen foto, video, maupun GIF.

Baca juga :   Twitter, Facebook, dan Snap Incar Siaran Piala Dunia

Daftar Twitter (Twitter List)

Dengan Twitter List, kamu dapat membuat daftar yang berisi sekelompok akun Twitter yang paling digemari untuk diikuti. Dengan upgrade terbarunya, daftar tersebut sudah bisa dipublikasi atau disematkan di linimasa kamu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menerima informasi hanya dari akun-akun yang diinginkan dengan konten yang sesuai dengan minat mereka, tanpa perlu mengikuti akun tersebut.
Contoh penggunaan Twitter List dapat dilihat di akun @TwitterID, yang salah satu daftarnya berisi akun-akun olahraga untuk audiens olahraga di Twitter.

Topik (Topics)

Topics, fitur Twitter yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan apa yang terjadi saat ini. Pengguna dapat mengikuti percakapan yang sesuai dengan topik yang diminati seperti olahraga, games, belanja, serial TV, film, hingga kecantikan, hanya dengan satu ketukan. Kamu akan melihat munculnya saran di linimasa mengenai sebuah topik sesuai dengan apa yang Anda cari dan sudah diikuti di Twitter.

Balasan yang Disembunyikan (Hide Reply)

Kenyamanan dan keamanan adalah dua hal yang harus dirasakan oleh seluruh pengguna Twitter, sehingga penting bagi Twitter untuk mengubah bagaimana percakapan terjadi di Twitter. Saat ini, percakapan di Twitter sering berubah dari apa yang sebenarnya ingin disampaikan karena topik dan nada yang digiring oleh pengguna lain.

Baca juga :   Semua Pihak Harus Terlibat Hadapi Perubahan Iklim

Setelah melakukan eksperimen yang di Kanada, Jepang dan Amerika Serikat; sekarang, seluruh pengguna Twitter sudah bisa menggunakan fitur ‘balasan yang disembunyikan.’. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kontrol lebih banyak bagi inisiator percakapan, sehingga Twitter bisa menjadi ruang diskusi yang sehat bagi semua orang.

STEVY WIDIA