85% Konsumen Zilingo Berbelanja Lewat Mobile

(ki-ka) Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing Zilingo dan Ade Yuanda Saragih, VP dan Country Head, Zilingo. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Seiring meningkatnya jumlah transaksi online secara eksponensial, online shopping telah menjadi bagian dari gaya hidup para konsumen. Kemudahan dalam mencari, membeli dan menerima barang serta banyaknya pilihan yang tersedia mendorong konsumen untuk melakukan lebih banyak transaksi secara online daripada sebelumnya.

Data terbaru yang diluncurkan oleh Zilingo, e-commerce dengan produk utamanya pakaian, menunjukan sebanyak 85% konsumennya melakukan transaksi menggunakan perangkat mobile.

“Zilingo berkomitmen untuk menempatkan pelanggan kami sebagai pusat dari bisnis kami. Melalui laporan ini, kami ingin membagikan hal yang telah kami pelajari mengenai pelanggan kami dan berharap untuk dapat mengeksplorasi bagaimana kami dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik,” ujar Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing, Zilingo dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2019) di Jakarta.

Sarah menjelaskan Smartphone dan tablet kian memudahkan pembeli untuk mencari produk dan menemukan ulasan dari pelanggan lain sebelum melakukan transaksi. Tren ini juga populer diantara para pelanggan Zilingo yang 85% diantaranya melakukan transaksi langsung melalui aplikasi mobile Zilingo.

“Sebagian besar transaksi juga terjadi saat istirahat makan siang antara jam 12 – 2 siang atau selepas jam kerja antara jam 6 sore – 8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka,” ungkapnya.

Data Zilingo juga menyebutkan, sejauh ini lebih dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika ditelaah berdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya dan Bekasi.

Sebagai salah satu dari sebagian kecil platform e-commerce yang menawarkan layanan ‘Cash on Delivery’ (COD), Zilingo meringankan salah satu tantangan pelanggan ketika berbelanja secara online. Fitur COD ini terbukti diterima dengan baik oleh pelanggan Zilingo karena sebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan fitur pembayaran ini. Melalui COD, pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank tetap dapat membeli keperluan fesyen favorit mereka dimanapun mereka berada. Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibeli secara langsung sebelum membayarnya. Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkat pemahaman yang lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya.

Sarah menambahkan, paruh pertama 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan Zilingo di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada 2019, termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan ini untuk para pelanggan Indonesia, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan melalui penawaran dan inisiatif pemasaran.

“Kami optimis untuk menyambut paruh kedua 2019 yang akan datang,” ujarnya.

STEVY WIDIA