Agate Level Up, Hadirkan Solusi B2B Lewat Gamification

Chief Marketing Officer Agate, Shieny Aprilia pada peluncuran Agate Level Up. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Industri game tidak melulu tentang pengembang game (permainan). Ada banyak solusi yang bisa dihasilkan salah satunya gamification. Peluang bisnis ini yang digarap Agate melalui brand barunya, yakni Agate Level Up.

Chief Marketing Officer Agate, Shieny Aprilia mengatakan, Agate Level Up bakal menawarkan solusi gamification untuk meningkatkan engagement korporasi antar karyawan atau pelanggan dengan konsep yang modern dan tidak membosankan.

“Kami sudah terjun ke industri gamification sejak 2010. Kini kami menjadikan ini brand terpisah agar lebih fokus menggarap segmen tersebut,” kata Shieny pada Rabu (30/1/2019) di DLab Jakarta.

Segmen yang disasar Agate Level Up adalah Business to Business (B2B) atau korporasi dengan meyediakan solusi pelatihan, penilaian, dan pemasaran berbasis gamification.

Shieny mengungkapkan, dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, Agate melihat kebutuhan inovasi untuk solusi bisnis semakin digemari. Lebih jauh, dia menjabarkan bahwa gamification baru populer belakangan ini. Secara sederhana, gamification adalah cara untuk menyampaikan pesan dalam hal ini level korporasi baik kepada pekerja maupun konsumen lewat kemasan game menarik.

Baca juga :   Mfun, Hadirkan Reward Crytocurrency Bagi Pengguna Game di Indonesia

“Gamification sudah ada sejak dulu. Untuk sarana promosi misalnya. Dulu terkenal kalau belanja dapat sticker atau stamp khusus yang sampai pada jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan hadiah. Itu gamification,” terangnya.

Kini gamification diterapkan di berbagai lini bisnis dengan menghubungkan konteks dunia nyata dengan elemen permaian seperti point scoring, leaderboards, kompetisi, aturan main dan banyak lagi. Game ini juga bisa dalam bentuk pembelajaran di sekolah, penilaian untuk calon karyawan, training SOP dan sebagainya.

Adapun layanan gamification yang ditawarkan Agate lewat Level Up terdapat beberapa pilihan, seperti platform pembelajaran berbasis mobile (gamified mobile learning platform), gamification khusus untuk pembelajaran (custom gamified learning), gamification khusus untuk penilaian (custom gamified assessment), dan gamification khusus untuk periklanan (custom gamified advertising).

Menurut Shieny, Agate telah mengimplementasikan solusi gamification lebih dari 150 perusahaan hingga kini. Jangkauannya pun dikatakan bukan hanya perusahaan-perusahaan di Indonesia, tetapi juga di Singapura, Malaysia, hingga Amerika Serikat.

STEVY WIDIA