Agensi Top Korea Investasi Di Indonesia

Sejumlah artis Korea Selatan dibawah manajemen YG Investment. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Para penggemar K-Pop pasti kenal BIGBANG, 2NE1, iKON, PSY, G-Dragon atau Taeyang. Kini YG Investment agensi yang menaungi para artis Korea Selatan ini masuk dan berinvestasi di Indonesia.

YG Investment adalah perusahaan investasi di bawah naungan YG Group, musik label dan entertainment agensi dari Korea Selatan. Perusahaan hiburan ini telah berinvestasi di Gushcloud International, perusahaan yang bergerak di bidang influencer marketing dan entertainment.

“Indonesia adalah pasar yang besar, banyak sekali anak muda yang ada di sini. Memperluas konten YG di Indonesia adalah fokus kami untuk saat ini. Dan, saat ini proses masih berlangsung,” kata Charlie Cho, Head of YG Plus SEA (Singapore) Branch dalam siaran pers baru-baru ini.

Langkah yang mereka ambil adalah bekerjasama dengan perusahaan influencer Glushcloud Entertainment yang telah mengantongi nama-nama influencer dan Youtuber Indonesia. Sebut saja Chandra Liow, Salshabilla, Amel Carla yang menjadi bagian dari mereka.

“Kami ingin menciptakan ekosistem di Indonesia. Kami juga ingin menciptakan pengaruh positif tidak hanya di market tapi di entertainment. Sebelumnya kami tidak yakin ini akan berhasil, tapi bersama YG kami yakin ini akan terwujud,” kata Vincent Ha CEO Gushcloud International.

Baca juga :   Kosmetik Tren Haliyu Hadir Di Indonesia

YG Investment merogoh kocek sebesar 3 juta dollar atau setara dengan Rp41 miliar yang dibagikan kepada sembilan negara tempat bernaungnya Glushcloud Entertainment untuk memperluas konten yang mereka miliki ke berbagai bidang. Di antaranya seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang.

“Kami punya total sembilan negara, sembilan negara ini akan mendapat bagian dari US$ 3 juta USD ini,” jelas Oddie Randa selaku Managing Director Gluchcloud Entertainment.

Menurut dia, dengan investasi tersebut, Gushcloud akan fokus dalam membangun influencer marketing dan entertainment yang lebih kuat di Indonesia.

“Dan, setelah dibagikan ke setiap negara, akan digunakan untuk pengembangan bisnis dan pengembangan dari setiap unit bisnis yang kita punya, seperti talent management, music pilar, summer beauty house. Nah ini semua akan kita kembangkan dengan menggunakan dana ini,” tambahnya.

Gushcloud akan berkerjasama dengan para kreator konten dan akan berinvestasi pada perusahaan talent management yang berfokus pada influencer beauty, parenting, sports, music dan gaming.

Baca juga :   ICEFEST 2019, Expo & Festival Ala Desa Musim Dingin

YG dipilih karena, menurut Odidie, merupakan perusahaan hiburan terbaik. “Tadinya Gushcloud itu dimulai sebagai influncer marketing network, tapi ke depannya, selain influencer, kita merasa harus berbuat sesuatu untuk influencer, kita harus mengerjakan sesuatu dengan influencer dalam bentuk marchandising, tour and festival,” kata dia.

Secara khusus, pasar musik Indonesia juga menajadi perhatian bagi mereka. YG Entertainment yang dikenal sukses lewat sederet musisi hip-hop dan indie seperti EPIK HIGH, iKON, ONE, dan Hyukoh, akan mencari talenta muda Indonesia untuk jenis musik tersebut.

“Kita akan menciptakan tiga musik pilar yaitu indie, hip-hop, dan pop. Karena tiga musik ini akan bagus dan di sini bisa jadi wadah untuk mereka mengeksplor bakatnya. Dan ini memberikan kesempatan buat orang-orang yang punya passion nulis lagu atau bermusik,” ujar Priscilla Ismi selaku Bussines Manager Glushcloud Entertainment.

Untuk merayakan investasi ini, rencananya YG akan memboyong CL dari 2NE1 untuk menjadi pembicara dalam sebuah konferensi yang digelar pada 2018.

Baca juga :   Startup Passpod Akan Melantai di Bursa

STEVY WIDIA