AMD Hadirkan Prosesor 12nm Pada Laptop Gaming

Prosesor AMD Ryzen 7 2700 generasi kedua hadir dalam Acer Predator Helios 500. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Pernah main game kemudian laptop Anda tiba-tiba tersendat ? Itu bisa jadi karena performa prosesor yang dimiliki masih belum mumpuni. Masalah itu kini telah dipecahkan oleh AMD dengan menghadirkan Ryzen 7 2700 dengan fabrikasi proses 12nm. Prosesor ini dibenarkan dalam Acer Predator Helios 500.

“Untuk saat ini, Predator Helios 500 jadi laptop yang adopsi teknologi prosesor dengan fabrikasi 12nm,” kata Armawati Chen, Consumer BDM AMD Indonesia pada Jumat (5/10/2018) di Jakarta. Dengan prosesor tersebut, Predator Helios 500 memiliki performa lebih tinggi dengan konsumsi daya yang rendah.

Menurut Armawati, AMD Ryzen™ Generasi Kedua yang menggunakan teknologi pemrosesan 12nm pertama di dunia. Sehingga dapat memberikan performa multiprocessing sangat tinggi yang mungkin didapatkan pada sebuah PC desktop konvensional ataupun laptop.

Penyematan ini dinilai mampu memberikan multithreaded performance tertinggi yang sebelumnya hanya bisa dihasilkan dekstop konvensional. Ia mengaku, untuk gamer maupun content creator yang memakai software berat, device ini bisa menjadi jawaban.

Baca juga :   Pemerintah Papua Barat Gelar Beragam Festival Raja Ampat

“Teknologi ini mampu mencegah terjadinya patahan-patahan ketika bermain game, sehingga tampilannya menjadi lebih smooth. Hal itu tentu berimbas pada pengalaman bermain para gamers yang tidak perlu khawatir kualitas gambar yang ditayangkan menurun,” ungkapnya.

Consumer Retail Enablement Manager AMD International Sales and Service Ltd., Donnie Brahmandika menjelaskan, untuk spesifikasinya, Predator Helios 500 ditenagai oleh prosesor 8-core 16-thread AMD Ryzen 7 2700 generasi kedua, kartu grafis Radeon RX Vega 56 8GB, RAM 16GB, serta ROM 1TB HDD dan 256GB SSD. Spesifikasi itu mampu meningkatkan performa Predator Helios 500 lebih baik 10 persen dibandingkan seri sebelumnya.

“Salah satu fitur dari AMD Ryzen adalah FreeSync. Refresh rate mendukung 144Hz. Yang namanya laptop gaming harus memiliki refresh rate diatas 60Hz. Levelnya sudah naik. Pengalaman lebih smooth, nyaman, dan playable tak perlu khawatir stuttering dan tearing. Bisa main game semaksimal mungkin,” tuturnya.

Pihak Acer juga menklaim bahwa laptop gaming Helios 500 tampil powerful, baik proseor maupun grafis. “Dari segi grafis, powerful sekali. Dari segi prosesor, juga sangat bertenaga berbekal teknologi dari AMD ini,” Andreas lesmana, Gaming Series Product Manager Acer Indonesia.

Baca juga :   AMD Menangikan Gugatan Paten Grafis dari Vizio

Laptop ini juga sudah membenamkan teknologi untuk mengoptimalkan penggunaan virtual reality (VR). Predator Helios 500 sudah bisa didapatkan melalui Toko Resmi Acer dan dibanderol sebesar Rp40 juta. Bila membeli laptop gaming ini sebelum akhir tahun, pengguna akan diberi tiga judul game populer yang bisa di-redeem di situs AMD.

STEVY WIDIA