Amos Gunawan : Melayani Kebutuhan Rumah Tangga Masyarakat Secara On-Demand

Amos Gunawan, Founder & CEO KlikDaily.com (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Layanan on-demand sedang menjadi tren di Indonesia belakangan ini. Tak heran banyak perusahaan rintisan alias startup memilih untuk fokus pada jasa ini. Termasuk dalam penyediaan kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bahkan, kini aplikasi mobile yang muncul jadi semakin spesifik.

Munculnya berbagai layanan on-deman belakangan ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia senang dilayani. Peluang ini dilihat oleh pelaku startup di sektor ini. Mereka semakin dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen terhadap sektor tertentu.

Salah satunya adalah Klikdaily, layanan aplikasi mobile yang berfokus pada penyediaan kebutuhan rumah tangga masyarakat sehari-hari. Diluncurkan sejak November 2015 lalu, Klikdaily menawarkan layanan pembeli air mineral dan gas elpiji. Belakangan, juga melayani pembelian beras. Dengan begitu, pengguna tak perlu repot membelinya harus ke supermarket atau toko kelontong.

Amos Gunawan, Founder dan CEO KlikDaily mengatakan, startup ini khusus melayani jasa pemenuhan kebutuhan home supply di Indonesia. “Kami berfokus pada pengantaran air galon dan gas hingga ke depan pintu rumah Anda yang terjamin kualitasnya dengan lebih nyaman dan cepat. Kami juga ingin menghubungkan mereka yang memiliki unit usaha kecil penyedia kebutuhan sehari-hari dengan konsumen,” tutur Amos kepada Youngster.id.

Menurut Amos, alasan KlikDaily mengambil niche market karena melihat saat ini dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat memerlukan waktu yang lebih cepat, proses yang lebih mudah dan harga terjangkau. Apalagi ada 40 juta rumah tangga di seluruh Indonesia. Potensi ini menjadi peluang bagi Klikdaily untuk hadir sebagai aplikasi rumah tangga yang membantu menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah, cepat dan hemat.

Klikdaily memiliki dua fitur utama, layanan untuk customer dan merchant. Layaknya layanan on-demand berbasis aplikasi lainnya, pengguna bisa menemukan berbagai hal yang dibutuhkan di sana. Sebagai contoh, untuk customer tersedia pemesanan barang, promosi poin referal, sistem voucer, dan tentunya memilih mechant yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal pengguna jasa. Sementara itu, untuk merchant ada fitur penguncian pesanan dan langganan.

“Klikdaily jelas membantu toko-toko memperluas jaringan, kualitas bisnis serta meningkatkan penjualannya. Kami juga memberikan program-program menarik sebagai apresiasi atas loyalitas merchant dalam melayani pelanggan Klikdaily. Persaingan pasar pun akan lebih sehat karena adanya penyetaraan harga di Klikdaily,” ungkapnya.

 

Waktu Terbaik

Amos mengaku KlikDaily ini muncul dari pengalaman dia saat libur Lebaran, banyak orang kesulitan mencari air minum atau gas elpiji untuk kebutuhan berkumpul bersama keluarga.

“Selama Lebaran, mencari kebutuhan seperti gas elpiji dan air mineral terasa sulit. Apalagi, banyak toko tutup. Ditambah ditinggal mudik oleh pembantu, membuat kegiatan sedikit rumit. Maka munculah ide untuk memberikan solusi masalah tersebut dengan menggunakan teknologi,” ungkapnya.

Dia juga melihat pertumbuhan keluarga muda yang membutuhkan bantuan dalam hal pemenuhan belanja rumah tangga. Mereka umumnya tidak memiliki asisten rumah tangga, dan menginginkan kegiatan belanja rutin itu terselesaikan melalui bantuan teknologi mobile.

“Padatnya berbagai aktivitas mereka serta kemacetan di jalan merupakan beberapa penghalang masyarakat dalam berbelanja, namun dengan hadirnya Klikdaily hal tersebut tidak lagi menjadi sebuah masalah. Klikdaily adalah solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut,” klaim Amos.

Pemuda kelahiran Jakarta ini sebelumnya bekerja di sejumlah perusahan perminyakan dan distribusi gas. Namun peluang membangun startup membuat Amos memutuskan banting stir jadi pebisnis. Dia lalu mengandeng rekannya Indra Dhanurendra sebagai co-founder dan CTO KlikDaily. Dengan tim yang berjumlah tujuh orang, Klikdaily pertama kali meluncur pada November 2015 dengan menjangkau area Tangerang terlebih dahulu.

Amos menuturkan cara kerja aplikasinya. “Bila pelanggan ingin membeli sebuah produk, kami akan mereferensikan sejumlah merchant. Nantinya produk tersebut akan langsung diantar ke tempat pelanggan,” tuturnya.

Lalu untuk aplikasi bagi merchant, layaknya GO-JEK atau GRAB, mereka harus segera mengambil pesanan saat ada notifikasi dari pengguna.

“Pengguna dimudahkan dalam mencari barang kebutuhan harian, sementara para pengusaha bisa memperluas bisnisnya dengan mudah,” tambah Amos.

Ternyata KlikDaily mendapat sambutan positif. Dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan sejak diluncurkan, aplikasi Klikdaily berhasil diunduh oleh lebih dari 1000 orang, memiliki lebih dari 900 pengguna dan sudah melayani lebih dari 3500 pesanan. Cakupan wilayah layanannya pun semakin bertambah. Aplikasi ini telah menjangkau area Tangerang, Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Padang, dan Bali.

“Sebanyak 45% dari pengguna kami adalah ibu rumah tangga, menyusul di bawahnya adalah karyawan dan entrepreneur,” ujar Amos.

Melalui para merchant yang terpercaya, Klikdaily dapat memenuhi pesanan pelanggan dalam waktu terbaik, yakni 90 jam setelah pemesanan.

 

Melalui KlikDaily.com, Amos Gunawan dan rekannya Indra Dhanurendra menawarkan layanan kebutuhan rumah tangga kepada masyarakat secara on-demand (Foto: Setvy Widia/Youngster.id)

 

Strategi Hadapi Kompetitor

Saat ini, pria yang gemar bermain piano itu mengklaim pengguna Klikdaily lebih dari 5.000 pengguna dan sudah melayani lebih dari 20.000 pesanan. “Dalam menjalankan layanannya, Klikdaily bekerjasama dengan lebih dari 100 merchants yang ada di area Jabodetabek, Padang, dan Bali,” ujarnya.

Hingga saat ini sudah 125 merchant yang bergabung ke KlikDaily, dengan angka retensi 25%. Sementara angka GMV-nya (Gross Merchandise Value) 1 juta. KlikDaily memungut 3% – 5% dari setiap produk yang terjual.

Amos menargetkan keuntungan Klikdaily dari selisih harga produk yang dijual, biaya pengiriman, dan biaya berlangganan. Untuk sistem pembayaran yang tersedia, Klikdaily masih memberlakukan sistem cash on delivery atau bayar di tempat saat pesanan tiba.

Potensi startup ini menarik perhatian sejumlah modal ventura. KlikDaily pun masuk dalam program GnB Accelerator 2016, kerjasama antara perusahaan IT asal Jepang, Infocom Corporation, dan venture capital Fenox VC. Alhasil aplikasi ini mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 50.000 yang sebagian besar berupa mentoring.

Amos berharap bisa terus mengembangkan bisnis ini. Dia menyadari bahwa meski belum banyak kompetitor dia harus terus melakukan pengembangan usaha. Apalagi sejumlah layanan on demand lain seperti layanan GO-MART milik GO-JEK—yang juga bisa digunakan untuk membeli produk kebutuhan rumah tangga termasuk galon air mineral dan gas elpiji. Untuk itu menurut, Amos dia menerapkan strategi layanan Klikdaily tidak mengenakan biaya antar dan harganya kompetitif.

“Selain itu untuk barang yang rusak akan kami ganti bila memang terbukti setelah kami melakukan quality control,” tegasnya.

Amos juga mengaku terus meningkatkan edukasi pada merchant dan pengguna aplikasinya. “Testimoni dari mereka yang sudah menggunakan Klikdaily menjadi solusi dari masalah ini,” ujarnya.

Ke depan, ia berencana untuk menambah jumlah produk yang bisa konsumen beli. “Kami juga memberikan program-program menarik sebagai apresiasi kami atas loyalitas merchant dalam melayani pelanggan Klikdaily. Persaingan pasar pun akan lebih sehat karena adanya penyetaraan harga di Klikdaily,” ucapnya lagi.

Dia yakin layanan on demand yang disedikan KlikDaily cocok dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Di negeri yang populasinya semakin urban dan melek teknologi, industri yang satu ini menyajikan peluang bisnis yang menjanjikan untuk startup dan investor. “Kami berharap KlikDaily menjadi bagian dari solusi untuk mangatasi masalah masyarakat dalam penyediaan kebutuhan rumah tangga,” pungkas Amos.

 

====================================

Amos Gunawan

  • Tempat Tanggal Lahir   : Jakarta, 10 September 1989
  • Pendidikan Terakhir      : Teknik Industri Universitas Pelita Harapan
  • Usaha                         : Layanan on-demand KlikDaily
  • Mulai Usaha                 : November 2015
  • Modal                          : Rp 500 Juta
  • Karyawan                    : 7 orang
  • Wilayah layanan           : Jabodetabek, Bali, Padang
  • Prestasi                       : Juara Favorit GnB Accelerator Batch I/2016

=====================================

 

STEVY WIDIA