Anak Muda Diajak Bikin Dampak Sosial Positif untuk Indonesia

Managing Director ANGIN sekaligus juri The NextDev Talent Scouting 2018 David Soukhasing, VP Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, SVP Corporate Secretary Telkomsel Muharam P., COO Instellar sekaligus mentor The NextDev Academy 2018 Dian Octarina Wulandari, serta CTO Cek Mata sekaligus salah satu peserta The NextDev Academy 2018 Sylvester Albert saat Kick Off The NextDev 2018 di Jakarta (16/4). (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi, The NextDev, kembali digelar Telkomsel. Kali ini, para pengembang startup diajak untuk menghadirkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat Indonesia.

“Kami memandang bahwa sebuah karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat. Melalui The NextDev, kami mendorong sekaligus memperkuat para kreator aplikasi yang berpartisipasi dalam Talent Scouting maupun Academy agar mampu melahirkan inisiatif dan terobosan yang memberikan dampak sosial yang positif bagi kemajuan Indonesia,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Kompetisi The NextDev 2018, yang berlangsung pada periode April hingga Oktober, merupakan rangkaian event yang dibagi ke dalam dua ajang, yaitu The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy.

The NextDev Talent Scouting merupakan sebuah ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. Program yang telah berlangsung untuk keempat kalinya ini mewadahi potensi dan mendorong kontribusi positif generasi muda yang memanfaatkan teknologi secara tepat guna untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat.

Baca juga :   Huawei Indonesia Gelar Tech Day di ITB dan Unpad

Dalam The NextDev Talent Scouting 2018, persyaratan utama aplikasi yang didaftarkan adalah harus mampu menghadirkan dampak sosial positif yang dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa contoh kategori sebagai dasar pengembangan solusi, yang merefleksikan berbagai bidang yang menyentuh aspek kehidupan masyarakat secara langsung, di antaranya pendidikan, pemerintahan, lingkungan, kesehatan, transportasi, pariwisata, energi, agrikultur, dan perdagangan.

Para peserta Talent Scouting akan mempresentasikan ide-ide brilian mereka dihadapan para juri dalam pitching day. Kegiatan pitching day ini diadakan di tujuh kota, yakni Surabaya, Semarang, Denpasar, Batam, Samarinda, Yogyakarta, dan Jakarta. Startup-startup terbaik dari setiap kota akan berkompetisi pada Final Pitching Day di Jakarta pada bulan Oktober 2018.

Selanjutnya, 20 startup terbaik berkesempatan mengikuti program pengembangan bisnis The NextDev Academy. Termasuk memperoleh hadiah dan fasilitas pengembangan startup, yakni Seed Fund (seed funding untuk startup terbaik), Investors (akses ke angel investor & Venture Capital/VC), Mentoring (mentor yang didedikasikan khusus startup), Knowledge (training dari pakar dan praktisi startup), Marketing (peluang kerjasama strategis dengan Telkomsel dan akses pelanggan), Media Publication (akses ke media untuk publikasi yang meluas), serta Trip & Experience (kesempatan mengunjungi Silicon Valley dan perusahaan digital terbaik).

Baca juga :   Dukung Pengembangan Startup, Telkom Buka Kantor di Silicon Valley

Dengan berpartisipasi dalam akademi, para peserta akan memperoleh insight yang tepat dan bermanfaat sehingga mampu mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif. Sekaligus turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan komunitas pengembang aplikasi dan ekosistem digital berbasis aplikasi.

The NextDev Academy digelar untuk meningkatkan skalabilitas social technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan yang meliputi berbagai bidang bahasan. Di antaranya dalam hal business strategy, design sprint, branding, product development, investment, serta digital marketing.

Dalam The NextDev Academy, para peserta akan memperoleh pengetahuan dan informasi yang komprehensif mengenai tech startup untuk meningkatkan kualitas aplikasi yang mereka ciptakan dan membangun bisnis dalam waktu dekat. Di samping itu, para peserta juga akan mempelajari berbagai keterampilan secara lebih mendalam untuk menghasilkan strategi perencanaan produk yang matang dan siap untuk dipasarkan.

The NextDev Academy 2018 terdiri dari tiga rangkaian kegiatan, yakni pelatihan intensif selama sepuluh hari (15-24 April 2018 di Jakarta), mentoring secara offline maupun online, dan progress tracking selama enam bulan. Para peserta akan didampingi oleh mentor-mentor yang berkompeten dalam pengembangan startup. Setelah melewati berbagai tahapan tersebut, dua evangelist terpilih akan memperoleh reward berupa networking, publicity, virtual office, dan seed money.

Nah, bagi startup yang ingin mengikuti kompetisi The NextDev, persyaratannya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun. Peserta dapat mendaftar secara individu atau tim (maksimal tiga orang) melalui situs thenextdev.id.

Baca juga :   Mempercepat Terwujudnya Smart City Tangerang

 

STEVY WIDIA