Bank Commonwealth Luncurkan Dua Kartu Debit untuk Transaksi Daring dan Traveling

Presiden Direktur Bank Commonwealth, Lauren Sulistiawati dan Division President Indonesia, Malaysia and Brunei, Mastercard Safdar Khan. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Generasi milenial merupakan segmen pasar yang terbesar saat ini. Mereka bahkan mengubah berbagai kegiatan bisnis menjadi digital dan online (daring). Mereka juga gemar melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Untuk semua itu mereka butuh transaksi yang aman, cepat dan nyaman.

Menjawab kebutuhan itu, Bank Commonwealth bekerja sama dengan Mastercard menghadirkan Kartu Debit Mastercard World untuk segmen affluent yang memiliki hobi traveling serta Kartu Debit Mastercard Platinum untuk segmen emerging affluent khususnya generasi milenial yang menyukai belanja online.

“Kartu ATM dan Debit merupakan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menunjang kebutuhan transaksi dan pembayaran mereka. Kami percaya kartu debit akan dapat melengkapi kebutuhan gaya hidup dari segmen affluent khususnya generasi milienail yang menyukai belanja online di berbagai merchants e-commerce karena lebih praktis dan nyaman namun tetap aman,” kata Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Bank Commonwealth pada peluncuran kedua kartu Debit, Selasa (4/12/2018) di The Goods Diner, Jakarta.

Baca juga :   Inilah Tiga Tim Bootcamp Yogyakarta yang Lolos Ke Tahap Inkubasi

Dia mengungkapkan, berdasarkan data dari Bank Indonesia, jumlah APMK terutama kartu ATM dan Debit yang beredar di tanah air mencapai sekitar 154 juta kartu di bulan September 2018.

Ivan Jaya, Head of Wealth Management and Retail Digital Business, Bank Commonwealth memaparkan, berdasarkan data Bank Dunia tahun 2017, pertumbuhan segmen affluent di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Satu dari lima masyarakat Indonesia merupakan segmen affluent atau setidaknya ada 52 juta orang. Angka ini diperkirakan dapat meningkat hingga 141 juta orang pada tahun 2020.

Sementara itu menurut Ipsos Affluent Survey Asia Pacific, populasi segmen affluent di Asia Pasifik (mewakili 18% dari keseluruhan populasi berdasarkan pendapatan rumah tangga) terus menunjukkan pertumbuhan di mana melakukan perjalanan (travel) baik untuk rekreasi maupun bisnis meningkat sebesar 6,7% dari tahun 2017.

“Di sisi lain, belanja online saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern orang Indonesia terutama generasi milenial karena dirasakan lebih praktis, nyaman serta menawarkan berbagai pilihan harga yang kompetitif. Dan pengguna e-commerce di Indonesia masih didominasi oleh generasi milenial. Sementara itu, metode pembayaran yang paling banyak digunakan adalah transfer ATM yakni 31%,” papar Ivan.

Baca juga :   SCG Sharing the Dream 2017 Beri 400 Beasiswa

Karena itu, Kartu Debit Mastercard Platinum ditujukan khusus untuk generasi milenial yang menyukai belanja online. Dilengkapi dengan fitur 3D secure yang aman sehingga membuat nasabah nyaman untuk melakukan transaksi e-commerce.

“Dengan kartu ini kebutuhan nasabah untuk berbelanja secara praktis, aman dan nyaman dapat dipenuhi dan ditambah lagi dengan banyak promo menarik setiap hari (Everyday Surprise Deals). Seperti beli satu tiket nonton di Bookmyshow akan dapat satu tiket nonton untuk promo Movie Monday, diskon pembelian tiket pesawat di Airpaz untuk promo Take Off Tuesday, dan diskon 10% tanpa minimum transaksi setiap belanja di Berrybenka di setiap hari Jumat pada promo Fashion Friday,” terang Ivan.

Sementara itu, Safdar Khan, Division President Indonesia, Malaysia and Brunei, Mastercard mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Mastercard untuk menyediakan pengalaman pembayaran yang aman dan nyaman bagi para nasabah, baik untuk berbelanja online maupun saat melakukan transaksi pembayaran di dalam atau luar negeri. “Dengan berbagai manfaat dan penawaran istimewa dari Mastercard, kami percaya Kartu Debit Bank Commonwealth Mastercard akan menciptakan pengalaman tak ternilai untuk para nasabah,” ungkapnya.

Baca juga :   Ini Mikro Momen Pengguna Smartphone di Indonesia Versi Google

STEVY WIDIA