Bekraf Game Prime 2017 Jembatani Pengembang, Investor, Publisher dan Konsumen

Pengembang game lokal di Indonesia juga telah menerapkan teknologi VR. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) gelar Game Prime 2017 sebagai ajang berkumpulnya para pelaku industri game di Indonesia. Digelar selama tiga hari, BEKRAF Game Prime 2017 akan menghadirkan format yang berbeda.

Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pelaku ekonomi kreatif dan menciptakan ekosistem bagi para Startup yang berkualitas khususnya subsektor aplikasi, game, dan animasi.

“Pemerintah dalam hal ini Bekraf mempunyai peran membangun ekosistemnya, ekosistem game mulai dari talenta lalu sampai mereka dapat revenue dan profitnya. Untuk dapat revenue kan ada beberapa jalan, talenta bagaimana membuat produk yang bagus, itu kami bina mereka dalam suatu pre inkubator, dan program ini,” kata Hari, Kamis (27/7/2017) di sela-sela acara B2B Bekraf Game Prime 2017 di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta.

Pada kesempatan ini merupakan rangkaian yang bertajuk Business to Business (B2B) Bekraf Game Prime yang mempertemukan para pengembang (developer) game dengan investor dan publisher. “Tugas pemerintah adalah menghubungkan mereka,” ujarnya.

Baca juga :   Bekraf Latih Pelaku Ekonomi Kreatif Kelola Keuangan

Kegiatan pada B2B Bekraf Game 2017 adalah mengumpulkan para pelaku industri game Indonesia dan mancanegara untuk saling bertukar ilmu dan membangun relasi. Kemudian ada B2C yang murni mengusung konsep eksibisi dimana pengunjung akan diajak bermain game pada 29-30 Juli 2017 yang akan digelar di Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta.

Para pelaku industri game lokal dapat memamerkan hasil karyanya yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Bukan hanya itu, akan ada juga beberapa hiburan lain seperti VR, Board Game, Toys, Artist Alley, serta berbagai kompetisi eSport yang bisa diikuti. Beberapa nama besar dari industri game internasional yang juga siap meramaikan area eksibisi ini.

Selain itu, Bekraf Game Prime 2017 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia.

Ekosistem Game

General Coordinator dari BEKRAF Game Prime 2017 Robi Baskoro mengatakan dia memiliki keyakinan bahwa ekosistem game mirip seperti puzzle.

Baca juga :   Bekraf Gelar IKKON di 5 Kota

“Bekraf Game Prime 2017 sendiri merupakan bagian yang ada di sisinya untuk membantu membentuk gambar akhirnya nanti,” ujarnya.

Sementara Narenda Wicaksono, Presiden dari Asosiasi Game Indonesia (AGI) mengatakan pihaknya berharap Bekraf Game Prime dapat menjadi wadah bagi para pelaku di industri game Tanah Air.

“Harapannya, Bekraf Game Prime dapat menjadi wadah temu-apresiasi bagi semua pelaku industri game di Indonesia untuk saling mengenal, berbagi, dan memajukan inovasi game karya anak bangsa,” kata Narenda.

STEVY WIDIA