Bekraf Gandeng BEI Dukung Startup Lokal Berbasis Teknologi

(ki-ka) Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik; Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo; Kepala Bekraf Triawan Munaf; dan Direktur Utama PT BEI Tito Sulistio di acara Bekraf dan BEI Dalam Upaya Mendorong Startup Lokal Berbasis Teknologi Selasa (3/4/2018) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menandatangani nota kesepahaman kerjasama dukungan program IDX Incubator. Kerjasama ini bertujuan untuk peningkatan dan pengembangan perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi.

IDX Incubator adalah program PT BEI berupa ruang inkubasi yang mewadahi startup berbasis teknologi. Startup peserta IDX Incubator diberikan pelatihan pengembangan untuk mendorong startup mencapai IPO serta mengupayakan agar dapat menjalin kerja sama dengan emiten.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengatakan melalui perjanjian kerjasama dengan Direktur Utama PT BEI, Tito Sulistio diharapkan akan dapat meningkatan dan mengembangkan perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi.

“Penandatangnn ini adalah bentuk sinergi Bekraf dengan stakeholder ekonomi kreatif, salah satunya PT BEI. Bekraf memiliki jaringan startup dan PT BEI juga memiliki jaringan startup peserta IDX Incubator yang berbasis digital. Kami saling membantu meningkatkan sekaligus mengembangkan startup jaringan kami untuk scale up dan berkontribusi lebih pada PDB nasional,” tutur Fadjar, Selasa (3/4/2018) di Jakarta.

Baca juga :   PDB Ekonomi Kreatif Hampir 1000 Triliun

Pada kesempatan ini, Fadjar menambahkan kolaborasi Bekraf dan PT BEI turut memberikan promosi bersama pada penyelenggaraan pelatihan dan pembinaan serta pendukungan fasilitas kepada startup jaringan Bekraf maupun peserta IDX Incubator. Startup binaan Bekraf juga berpeluang mengikuti training serta program IDX Incubator.

“Jadi melalui kerjasama ini, Bekraf bukan hanya mendukung penyediaan tenaga pengajar dan mentor yang mendukung kurikulum IDX Incubator, tetapi juga memberikan referensi sekaligus akses investor untuk pembiayaan startup peserta IDX Incubator, memfasilitasi akses kepada pemerintah untuk mendukung startup peserta IDX Incubator mengembangkan bisnis, dan meningkatkan peluang mereka mengikuti program Bekraf,” terangnya.

“Kami berharap kerjasama ini berhasil mendorong startup berbasis teknologi kita untuk scale up dan terus berkembang,” pungkas Fadjar.

 

FAHRUL ANWAR