Bekraf Gelar Konferensi Animasi Untuk Talenta Muda

Animasi merupakan salah satu sub sektor ekonomi kreatif prioritas. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Animasi merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif prioritas. Untuk meningkatkan industri kreatif dan ekonomi kreatif dibidang animasi Bekraf menggelar Bekraf Animation Conference (BEACON). Diharapkan ini menjadi jembatan antara talenta muda animasi Indonesia dengan jejaring bisnis, distributor dan investor dunia.

“Harapan kami, dengan adanya Bekraf Animation Conference (BEACON) ini akan semakin membangun ekosistem animasi Indonesia untuk peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa di subsektor animasi demi kemajuan animasi Indonesia,” ungkap Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif melalui keterangan tertulis, Senin (12/11/2018) di Jakarta.

Dia menjelaskan, BEACON yang digelar 13 November 2018 untuk memperkenalkan program-program Bekraf terkait pengembangan ekonomi kreatif kepada pelaku, asosiasi dan masyarakat ekonomi kreatif khususnya untuk subsektor animasi serta menjembatani kesenjangan jejaring bisnis animasi antara rumah produksi dengan distributor atau investor nasional dan global untuk memberi ruang pada talenta muda animasi Indonesia dengan menimba ilmu melalui mentor/tutor yang bereputasi dunia untuk membangun kolaborasi dengan pelaku utama animasi nasional & dunia.

Baca juga :   Tantangan Ekonomi Indonesia di 2017

Direktur Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif, Wawan Rusiawan mengatakan, animasi menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan bersama dengan sub-sektor aplikasi dan game developer, dan sub-sektor musik. Ketiga sub-sektor ini berperan sebagai penghela sektor ekonomi lainnya.

“Visi pengembangan animasi adalah memperluas eksposure konten animasi di berbagai sektor di Indonesia pada 2019 dengan berdasarkan asumsi bahwa pasar global adalah pasar Indonesia itu sendiri, atau setidaknya penguasaan pasar nasional adalah kunci bagi langkah menuju pasar global.Sekaligus menguji hasil dari penyusunan Grand Strategy sub sektor animasi dan melengkapi database yang berkaitan dengan animasi dari pendidikan dan industrinya dibutuhkan kegiatan yang berhubungan dengan promosi animasi Indonesia,” kata Wawan.

Perhelatan BEACON 2018 Jakarta akan diramaikan dengan beragam event seperti Talkshow, Panel Discussion, Booth Exhibition, Masterclass, dan Animation Sreening. Pada sesi Panduan Karir di Bidang Animasi oleh Faza Sulthon (Hompimpa Studio), Prinsip dalam membuat animasi oleh Alfi Zackyelle (Kampoong Monster), Membangun Local Hero oleh Berny Julianto (Neo Paradigm Comics) dan Komik Media Online oleh M. Akbar (Komikus), Distribusi Animasi di Media Sosial oleh Wiryadi “Cak Waw” Dharmawan (Creator Trio Hantu Cs) dan Muhamad “Cak Ikin” Solikin (Creator CuloBoyo), Project Story Animasi D.O.A, Trailer Film Animasi Jagat Eki N.F (MPIC Animation).

Baca juga :   Mahasiswi ITS Ubah Limbah Kotoran Jadi Energi

Pada saat ini Bekraf memberikan kesempatan kepada para pelalu industri animasi Indonesia untuk membuka peluang bagi produsen animasi untuk menjual atau menunjukkan produk atau layanan mereka kepada pembeli potensial yang melibatkan stasiun tv, agensi dan investor yang telah berkecimpung dalam industri ini selama bertahun-tahun.

STEVY WIDIA