Bekraf Gelar Roadshow GSI di Yogyakarta

Roadshow GoStartupIndonesia (GSI) di Yogyakarta. (Foto: Bekraf)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Roadshow GoStartupIndonesia (GSI) di Yogyakarta. Digitiket, startup dari Semarang yang memulai operasinya setahun yang lalu, mewalili startup Yogyakarta untuk berkompetisi di GSI tingkat nasional.

Melalui kegiatan ini Bekraf berharap dapat menicptakan ekosistem startup yang kondusif. Deputi Akses Permodalan Fadjar Hutomo dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa Indonesia diperkirakan mencapai puncak bonus demografi di tahun 2030.

“Hegemoni Tiongkok juga tidak lepas dari puncak bonus demografinya. Menurut Bappenas, Indonesia akan menjadi 4 besar negara terkuat ekonominya di dunia pada 2045 -Indonesia emas- seratus tahun NKRI. Dengan syarat, bonus demografi tadi bisa dimanfaatkan dengan baik. Manusia-manusianya berkualitas, solutif, inovatif, dan kreatif serta memiliki daya saing mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia,” kata Fadjar dalam siaran pers Bekraf, Kamis (16/10/2019).

Para Roadshow GSI yang digelar di Creative Hub Auditorium Mandiri Fisipol UGM, Yogyakarta menghadirkan 11 startup yaitu, Lomba Mahasiswa, imart Indonesia, Popo, Ratapay, Pijar, Englishvit, Digitiket, Wujudkan, Waktu Kita, Oke Sayur, dan Soku.

Baca juga :   Tupai, Aplikasi Bayar Pajak Semudah Isi Pulsa

Dewan juri yang terdiri dari Wesley Harjono CEO Plug and Play Indonesia, Budiman Wikarsa, Rabbi Amrita Divatama Investment Manager Mandiri Capital Indonesia, Rimawan Yasin Ketua Bidang Keanggotaan Amvesindo dan Syaifullah Direktur Akses Non Perbankan Bekraf. Startup asal Semarang, Digitiket terpilih sebagai pemenang mewakili startup Yogyakarta ke level nasional.

“Jauh-jauh dari Semarang sayang banget kalau sudah sampai sini ternyata tidak bisa pitching. Senang bisa menambah network, menambah teman, membawa nama baik Yogyakarta di level nasional. Semoga ke depan bisa dapat input dari mentor yang lebih baik lagi supaya startup kita tidak hanya sukses di lokal tapi juga bisa go nasional dan internasional,” ungkap Rizki CEO Digitiket.

Roadshow GSI yang telah dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia, di antaranya Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan Denpasar merupakan dukungan konkret pemerintah dalam mempromosikan dan membawa startup lokal ke tingkatan yang lebih tinggi. GSI dirancang khusus sebagai wadah bagi para startup untuk membangun koneksi dalam mengembangkan startup-nya baik secara nasional maupun internasional.

Baca juga :   Pemerintah Dorong Pengembangan SDM Ekonomi Digital

STEVY WIDIA