Bekraf Tingkatkan Potensi Industri Kreatif Digital Balikpapan

Bekraf Developer Day di Balikpapan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai upaya penguatan ekonomi digital Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Bekraf Developer Day (BDD) di Balikpapan.
Balikpapan dianggap sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Kalimantan Timur, yakni 4,76%. Hal tersebut menjadikan kota yang berada di pesisir Timur Kalimantan ini menjadi kawasan perdagangan dan jasa regional, serta industri pengolahan.

Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari mengatakan, melalui kegiatan Bekraf Developer Day, diharapkan bemunculan talenta-talenta baru dan produsen-produsen baru di sektor game.

“Diharapkan juga muncul aplikasi yang berkualitas untuk berperan dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui ekonomi kreatif digital di Kota Balikpapan,” kata Hari dalam keterangannya Minggu (7/10/2018).

Potensi ekonomi Balikpapan dapat dilihat dari berbagai fakta, seperti tersedianya fasilitas jasa dan transportasi yang lengkap dibanding kawasan lain di Kalimantan, bahkan wilayah Indonesia Timur. Selain itu, Balikpapan merupakan jalur utama distribusi dari dan ke kabupaten/kota serta provinsi di wilayah Indonesia Timur.

Pada 2011 ekonomi kreatif (ekraf) di Balikpapan mulai berkembang dan memiliki nilai jual. Bekraf Developer Day adalah salah satu upaya Bekraf meningkatkan kontribusi ekonomi kreatif di Tanah Air. Untuk itu, dukungan teknologi sangat dibutuhkan di kota tersebut agar dapat mendorong para pelaku ekonomi digital, kreatif digital, dan pre-startup membentuk ekosistem digital guna mendukung potensi ekonomi di Balikpapan.

Baca juga :   Instagram Beri Peringatan Bila Pengguna Main Terlalu Lama

Hal ini mengingat pelaku ekonomi kreatif startup digital terus bermunculan di Balikpapan dan menghadirkan dampak positif bagi masyarakat lokal. Potensi tersebut harus terus didukung secara konsisten agar para pelaku dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi, khususnya di subsektor aplikasi, gim, dan web serta internet of things (IoT).

. .

STEVY WIDIA