Bekraf Young Technology Entrepreneurs Targetkan Milenial

Bekraf gelar program pengembangan kapasitas generasi milenial. (Foto: Bekraf)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mulai menggelar program pengembangan kapasitas generasi milenial dalam program Bekraf Young Technology Entrepreneurs (BYTE). Ada sekitar tiga ratus pengusaha milenial dari Jember, Manado, Kupang, Batam, dan Jayapura masuk seleksi.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Bekraf Mariaman Purba mengatakan, akan ada 50 peserta potensial yang akan dipilih akan ikut pelatihan untuk pengembangan bisnis.

“Kami harap pelatihan ini bisa meningkatkan pengusaha muda untuk mengembangkan bisnisnya,” kata Mariaman dalam keterangannya, baru-baru ini di Jakarta.

Salah satu tempat yang dituju Bekraf adalah Batam sebagai daerah strategis yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Di kota itu perlu pembangunan ekosistem pertumbuhan ekonomi digital melalui BYTE.

Dia menambahkan, BYTE adalah upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk edukasi bisnis dalam desain produk, konsep bisnis, foto produk, serta presentasi produk yang baik. Selain itu, pengajaran ini bertujuan agar teknologi digital bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang pasar. Bekraf menghadirkan narasumber yang kompeten seperti Giamomoe, BD+A Design, Aksi Nusantara, Scoldo Media Tech, serta Android.id.

Baca juga :   Ideas Pramudityo : Bantu Pengelolaan Keuangan Pribadi Hingga Wirausaha Kecil

Sepuluh peserta terbaik pun mendapatkan pelatihan intensif dalam mematangkan konsep bisnisnya. Nantinya, finalis bakal terus mengalami seleksi sampai menjadi tiga terbaik dan berkesempatan mengikuti Business Development Program. Tiga pemenang juga bakal ikut program Bekraf lain.

Chief Executive Officer (CEO) Giamomoe Firstman Marpaung menyarankan usaha kreatif terus menggali ide baru. “Jangan ambil keputusan berdasarkan asumsi, harus ada data, catat setiap transaksi supaya tahu apa yang dibutuhkan orang” ujarnya.

Menurut Firstman, saran dari masyarakat harus menjadi acuan supaya produk dapat terus konsumen terima. Tiga Subsektor Industri Kreatif yang Tumbuh Pesat Bekraf sebelumnya memprediksi tiga subsektor industri kreatif akan tumbuh paling cepat tahun ini. Ketiganya adalah film, animasi, dan video; aplikasi dan pengembang permainan; serta musik.

STEVY WIDIA