youngster.id - Penyedia layanan on-demand Grab mencatat, jumlah pengiriman makanan dan minuman melalui GrabFood tumbuh delapan kali lipat sejak Januari 2018 hingga Januari 2019. Pesatnya pertumbuhan bisnis ini berkat kemitraan dengan para merchant di Indonesia.
“Kami berkomitmen untuk menjadi layanan pesan-antar makanan yang andal di Indonesia,” ujar Eu Gene Hong Head of GrabFood Indonesia dalam siaran pers, Jumat (22/2/2019) di Jakarta.
Menurutnya, layanan pesan-antar makanan GrabFood merupakan yang tercepat di Indonesia. Sebab, rata-rata durasi pengantaran 29 menit. “Pelanggan dapat menikmati santapannya selagi hangat,” kata Eu Gene.
Selain itu, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mencatat pendapatan mitra-pengemudi Grab naik hingga 40% karena layanan GrabFood. Sementara itu, pendapatan inkremental mitra GrabFood naik hingga 88% setelah lima bulan bergabung. “Pertumbuhan bisnis GrabFood telah jauh melampaui kompetitor pada 2018,” ujarnya.
Ia menegaskan, Grab akan memperluas layanan GrabFood dan mengembangkan jaringan dapur satelit (cloud kitchen) di Indonesia. “Kami siap menjadi layanan pesan-antar makanan #1 di Asia Tenggara pada 2019,” kata Ridzki.
Secara keseluruhan, GrabFood hadir di 178 kota di Indonesia. Sementara, layanan Grab lainnya seperti Grab Bike dan Grab Car sudah hadir di 222 kota di Indonesia. Grab hadir di 336 kota di delapan negara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
Berdasarkan survei Kantar yang dirilis pada Januari 2019, GrabFood menjadi layanan pesan-antar makanan yang paling banyak digunakan di Ho Chi Minh City dan Hanoi, Vietnam. Sebanyak 68% responden mengaku paling sering menggunakan GrabFood. Lalu, 19% responden menggunakan layanan Delivery Now by Foody.Vn dan 1% Go-Food by Go-Viet.
Sejalan dengan hal itu, Grab pun menggandeng empat restoran cepat saji untuk memperluas layanan GrabFood. Keempat restoran itu adalah Wendy’s Indonesia, Baskin Robbins Indonesia, The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia, dan TASTY Kitchen. Dengan begitu, pengguna GrabFood bisa memesan makanan dan minuman di 400 gerai milik keempat restoran di 22 kota di Indonesia.
President Director of Wendy’s Indonesia, Baskin Robbins Indonesia, The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia dan TASTY Kitchen Jakarta Fransiscus Sumampow menambahkan, perusahaannya ingin memperluas jangkauan konsumen melalui GrabFood. “Kami bersemangat dengan kolaborasi ini dan siap memberikan pengalaman lebih kepada para pelanggan,” ujar dia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post