Bimasakti, Mobil Rakitan UGM Jawara di Student Formula Japan 2019

Mobil Bimasakti generasi ke-8. (Foto: istimewa)

youngster.id - Tim Bimasakti Pertamax Turbo Racing dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tampil perkasa pada kompetisi otomotif Internasional Student Formula Japan 2019 yang digelar Society of Automotive Engineers di Ecopa Arena, Shizuoka, Jepang.

Penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh tim ini adalah JAMA Chairman Award, No. 1 Student Formula Team in Indonesia, Top 6 Overseas team, Top 8 SkidPad, Top 5 Presentation, Top 3 Design Overseas, Outstanding Performance Award, serta The only Indonesian team with award.

“Tim Bimasakti Pertamax Turbo Racing Team UGM berhasil menunjukan bahwa Indonesia mampu bersaing di skala internasional. Pencapaian beberapa sudah mencapai target, ada beberapa juga yang belum,” ungkap Muhammad Kamal Ardi Putra Ketua Tim dalam laman UGM.

Kompetisi Student Formula SAE Jepang berlangsung pada 27-31 Agustus 2019. Tim Bimasakti mengikuti kompetisi sebagai salah satu pemain ulung karena merupakan tim pertama dari Indonesia yang mengikuti kompetisi ini pada tahun 2011 silam, dan tahun ini adalah tahun ke-8 Tim Bimasakti Student Formula Japan.

Baca juga :   Inovasi Cangkang Udang Jadi Pembersih Closet

Tim Bimasakti Pertamax Turbo membawa mobil Bimasakti generasi ke-8 sebagai penyempurnaan dari mobil generasi sebelumnya yang membawa tim ini meraih gelar di ajang serupa tahun 2018 silam.

Kamal menerangkan, perlombaan ini diawali dengan tahap Technical Inspection yang dilakukan oleh para juri. Tahap ini, ujarnya, sangat menentukan agar mobil dapat mengaspal di trek yang sudah dipersiapkan dalam bidang lomba Dynamic Event.

Ajang ini mengajak mahasiswa untuk mendesain, membangun, dan mengembangkan mobil tipe formula dalam skala kecil. Aspek yang dinilai terbagi atas static event dan dynamic event. Static event meliputi tiga hal yaitu Cost Event, Design Event, dan Presentation Event. Sementara itu, Dynamic Event terdiri atas acceleration, skidpad, autocross, dan endurance.

STEVY WIDIA