Binus University Masuk Ranking Perguruan Tinggi Dunia

Pimpinan BINUS Higher Education dalam acara media gathering Binus University Senin (1/7/2019) pada jumpa pers di Pulau Dua Restaurant, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Binus University berhasil masuk ke jajaran perguruan tinggi dunia dengan menduduki peringkat 801 dari 1.620 di dunia tahun 2019. Binus University juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang yang saat ini menyandang predikat 4 Star dalam sepuluh besar perguruan tinggi terpilih di Indonesia.

Predikat ini diberikan lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds(QS) World University Ranking 2020.

Rektor Binus University, Harjanto Prabowo menyampaikan apresiasinya kepada semua sivitas akademika yang telah berkontribusi dalam pencapaian Binus tersebut. Kerja sama dan soliditas yang baik membuat pencapaian ini bisa diraih.

Pencapaian ini bak hadiah spesial ulang tahun Binus yang genap berusia 38 tahun. Dalam perjalanan selama ini, Binus berupaya untuk melanjutkan cita-cita mendidik dan memberdayakan masyarakat melalui Pendidikan.

“Kami ingin mengucapkan rasa terima kasih ini kepada seluruh masyarakat, termasuk para stakeholder kami dalam menyebarkan pencapaian serta perkembangan dunia pendidikan kepada masyarakat. Semoga kami dapat terus berkolaborasi untuk berkontribusi bagi nusantara,” kata George Wijaya Hadipoespito Vice President BINUS Higher Education dalam acara media gathering Binus University Senin (1/7/2019) pada jumpa pers di Pulau Dua Restaurant, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Baca juga :   Canon Hadirkan Professional Photographer Services di Asian Games 2018

Pencapaian ini merupakan hadiah terbaik pada ulang tahun universitas yang jatuh tepat 1Juli menginjak tahun ke-38. 

“Syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah, masyarakat, stakeholders, serta kerja keras Binusian yang mendorong Binus University, sehingga dapat terus memberikan kontribusi pendidikan terbaik bagi nusantara,” kata Harjanto Prabowo, Rektor Binus University.
 
Menurut dia, tentu pencapaian bukan akhir dari capaian, Binus akan berupaya untuk semakin meningkatkan mutu Pendidikan dan layanan agar bisa mencapai peringkat yang lebih tinggi lagi di level internasional.

“Sistem pe-ranking-an ini, walaupun kita sudah masuk sistem ranking, Binus akan selalu meningkatkan diri karena setiap tahun pasti ada universitas baru yang masuk dan berusaha memperbaiki diri agar bisa meningkatkan peringkat,” ujarnya.

Diah Wihardini, BINUS Global Director memaparkan penilaian yang didasarkan dalam 6 indikator.  Pertama Academic Reputation (40%) mengukur unsur akademik secara menyeluruh. Kedua, Employer Reputation (10%) mengukur kualitas lulusan dari sisi pengguna tenaga kerja. Ketiga, Citations per Faculty (20%) mengukur jumlah publikasi yang dihasilkan per fakultas dengan dampak dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan dalam suatu perguruan tinggi . Keempat, Faculty Student (20%) yang mengukur kualitas kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. Kelima, International Faculty (5%) mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi, dan terakhir International students (5%) mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/perguruan tinggi.

Baca juga :   Grab Luncurkan Fitur Cegah Kecurangan

Dalam perjalanan 38 tahun, komunitas Binusian yang terdiri dari mahasiswa, alumni, hingga dosen telah berjumlah lebih dari 130.000. Sistem pendidikan dan budaya di Binus mulai diarahkan untuk dapat berkontribusi untuk masyarakat. Saat ini, tercatat ada lebih dari 30.000 Binusian (mahasiswa dan dosen) yang melakukan pemberdayaan masyarakat melalui Teach for Indonesia dengan program dan aktivitas seperti bimbingan belajar gratis, pembinaan UKM, pembinaan dan pembangunan prasarana masyarakat desa. 

Beberapa dari karya mahasiswa, seperti alat Sonarvision yang dikembangkan mahasiswa jurusan Computer Engineering yang membantu aktivitas penyandang tuna netra dan saat ini sudah disalurkan ke beberapa yayasan di wilayah Indonesia. Selain itu ada juga Digital Library yang membantu yang membantu pelajar-pelajar di daerah pedalaman di Indonesia untuk dapat mengakses konten-konten pendidikan tanpa menggunakan akses internet serta minim konsumsi listrik. 

Johan, selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development Binus University mengungkapkan, perayaan ulang tahun Binus yang ke-38 ini pihak universitas akan memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang berprestasi di bidang akedemis maupun non-akademis. 

Baca juga :   Tim Binus Masuk Peringkat 50 Dunia Di Kompetisi Pemrograman Dunia

Apresiasi terhadap prestasi yang diberikan adalah sebanyak 272 prestasi yang terdiri dari 34 prestasi Jabodetabek, 72 Prestasi Nasional, 4 prestasi tingkat Asean, 10 prestasi tingkat Asia den 5 prestasi tingkat dunia. 

”Diharapkan dengan adanya acara seperti ini seluruh civitas akademis dapat merasakan kemeriahan perayaan ulang tahun BINUS yang ke-38 dan tahu akan prestasi-prestasi yang selama ini diraih oleh para Binusian yang telah mengharumkan nama Binus hingga ke tingkat internasional serta mewujudkan visi BINUS University 2020 untuk menjadi A World Class University sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi Nusantara,” ucap Johan.

FAHRUL ANWAR