Blibli.com Gelar The Big Start Indonesia Berhadiah Rp 1,1 Miliar

Kris Samuel Pemenang Big Start Season 2 Blibli.com 2017 (Foto: dok.youngster.id)

youngster.id - Blibli.com kembali menghadirkan ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik, The Big Start Indonesia (TBS) Season 3. Program ini dimulai dengan dilakukannya rangkaian roadshow ke 5 kota besar di Indonesia. Ajang ini diharapkan dapat menjaring pengusaha muda.

I Gusti Ayu Fadjar selaku Senior Vice President Marketing Blibli.com mengatakan, penting bagi Blibli.com sebagai e-commerce lokal dapat memberikan komitmen penuh dalam membantu menciptakan ruang bagi pengusaha kreatif muda Indonesia khususnya untuk bisa mendapatkan kesempatan mengembangkan bisnis mereka.

“Program ini diharapkan dapat memberdayakan bisnis lokal berpotensi, menginspirasi banyak orang untuk berani membuktikan dan mewujudkan kemajuan bisnisnya sesuai dengan impian dan bakat mereka, serta membuka kesempatan bagi mereka untuk masuk dalam pasar e-commerce yang sesungguhnya,” kata Ayu Fadjar dalam keterangannya, Rabu (18/7/2018) di Jakarta.

Ajang ini akan dimulai dengan Roadshow yang menghadirkan konsep baru dengan memuat unsur lokal yang lebih kental dan sekaligus lekat dengan generasi muda seperti hadirnya pop-up market, perbincangan dengan narasumber yang telah sukses sebagai pengusaha dalam usia muda dari masing-masing kota (Local Heroes), praktisi, pemenang dari TBS tahun-tahun sebelumnya, berbagai kegiatan untuk komunitas serta hiburan. Roadshow akan menyambangi kota Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Surabaya, dan Jakarta mulai tanggal 19 Juli hingga 19 Agustus mendatang.

Baca juga :   The Big Start Indonesia 2017 Tetapkan 20 Creativepreneur Sebagai Finalis

Ayu menambahkan, Blibli.com sebagai penyelenggara, melihat program The Big Start Indonesia menjadi ajang yang sangat penting untuk terus diadakan sebagai sarana bagi para pengusaha kreatif muda untuk mewujudkan komitmen mereka dalam berbisnis, serta membuktikan kepada masyarakat akan kecintaan dan semangat untuk terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis yang pastinya memiliki peluang besar untuk berhasil di pasar lokal.

“Keikutsertaan dalam The Big Start Indonesia bagi para pengusaha kreatif merupakan sebuah kesempatan besar dalam menantang diri mereka sendiri untuk melangkah lebih maju menata bisnis mereka kedepan,” ucap Ayu lagi.

Ditargetkan 15.000 peserta yang akan ikut berkompetisi dari seluruh Indonesia dan tahun ini The Big Start Indonesia akan menghadirkan para kurator dan juri dengan formasi wajah-wajah baru dimana hal ini diharapkan dapat mengangkat bakat sekaligus warna baru di The Big Start Indonesia season 3.

Persyaratan bagi para pengusaha kreatif yang ingin ikutserta dalam kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 adalah pengusaha asli Indonesia berusia 18 hingga 45 tahun yang memiliki kategori modal usaha kecil menengah, produk berjenis kuliner, fesyen, kosmetik atau kecantikan dan kriya yang dikembangkan sendiri dan bercita-cita menjadikannya sebuah bisnis yang lebih besar.

Baca juga :   Kosmetik Tren Haliyu Hadir Di Indonesia

The Big Start Indonesia tahun lalu telah sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta kompetisi. Kemudian oleh para kurator independen yang kompeten dibidangnya dipilih menjadi 20 pengusaha kreatif muda terbaik untuk bisa lanjut masuk ke babak karantina. Di sana mereka mendapat pembekalan ilmu pemasaran melalui e-commerce, pengunaan sosial media yang efektif, pengelolaan keuangan, pajak dan hukum, hingga perlindungan hasil karya melalui HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Selain itu, mereka juga akan diberikan tantangan setiap hari dari para juri untuk akhirnya terpilih 4 pengusaha untuk masuk ke babak Grand Final.

Menurut Ayu, memasuki tahun ke-3 penyelenggaraannya, The Big Start Indonesia mendapatkan banyak cerita dan kisah pengalaman dari puluhan ribu peserta dari season sebelumnya. Dan jika ditarik sebagai kesimpulan, bagi para pengusaha kreatif muda untuk memulai usaha dan mewujudkan mimpi mereka bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi membuktikan kepada publik bahwa usaha yang dilakukan sanggup bersaing di pasar nasional.

Ayu mengungkapkan ajang ini akan memilih 4 pengusaha kreatif muda Indonesia di season 3 yang akan memperebutkan posisi juara dan total uang tunai sebesar 1,1 Miliar rupiah.

Baca juga :   Pendidikan SDM Indonesia Dinilai Masih Memprihatinkan

“Total hadiah yang diperebutkan lebih besar dibanding tahun lalu dan juga akan ada kejutan baru di season 3 yaitu kolaborasi pengusaha kreatif ternama Indonesia dengan produsen lokal dalam ‘Special Project’ di malam Grand Final, jadi tunggu saja kejutannya yang akan membuat The Big Start Indonesia season 3 akan lebih meriah dari season sebelumnya. Dan yang terpenting, diharapkan semakin banyak pengusaha kreatif muda yang akan berlomba untuk membuktikan dirinya jadi yang terbaik,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA