Blibli Naikkan Target Penjualan Pada Ramadhan Tahun Ini

Fransisca Krisantia Nugraha Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com dan I Gusti Ayu Fadjar Senior Vice President of Marketing Blibli.com (tengah) beserta armada logistik dari Blibli.com. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Bulan Ramadhan sebentar lagi menjelang. Saatnya yang dianggap sebagai musim puncak perdagangan bagi para pebisnis termasuk e-commerce. Bahkan e-commerce Blibli.com berani menargetkan kenaikan transaksi penjualan lima kali lipat dibanding tahun sebelum di periode yang sama.

Untuk itu perusahaan e-commerce ini merilis dua layanan baru yakni BlibliMART untuk produk grocery dan penjualan tiket perjalanan ke luar negeri. Untuk grocery atau barang kebutuhan sehari-hari, penjualannya ditarget naik 5 kali lipat dibanding tahun lalu. Sedangkan penjualan tiket perjalanan diharapkan meningkat 2 kali lipat dibanding bulan puasa 2017.

“Tahun lalu kan terpisah-pisah (untuk produk grocery), setelah jadi satu di BlibliMART, kami punya target sangat tinggi, bisa naik sampai lima kali lipat,” kata Fransisca Krisantia Nugraha Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com Senin (9/4/2018).
Menurut dia dengan berbagai strategi yang dilakukan, Blibli.com mengharapkan bisa mencetak pertumbuhan transaksi penjualan. Salah satunya dengan pilihan pengiriman pada hari yang sama melalui kurir JNE atau Go-Send dari Go-jek.

Baca juga :   Tingkatkan Kapasitas UKM, HIPMI Kerjasama Dengan PUM Belanda

“Sekarang gudangnya ada di Jakarta, Tangeran, Medan dan Surabaya. Jadi kebutuhan belanja bulanan bisa dilengkapi di Blibli.com,” kata Fransisca. Namun dia enggan menyebut berapa capaian transaksi penjualan sebelumnya.

Sejak berdiri tahun 2011, saat ini Blibli.com telah memiliki 2,5 juta produk yang terbagi atas 16 kategori diantaranya grosery, gaya hidup, hobi dan kesehatan. E-commerce ini juga memiliki lima gudang dan 14 penghubung di sejumlah kota besar di Indonesia.

Selain itu, Kini, Blibli.com menawarkan layanan tiket perjalanan ke luar negeri bagi konsumen yang ingin berlibur. “Sejak diluncurkan fitur tiket pesawat domestic tahun lalu, penjualan tiket pesawat di Blibli.com terus naik. Karena itu mulai April 2018 ini kami memberikan layanan yang dilengkapi dengan tiket pesawat rute internasional ke semua destinasi ke seluruh dunia,” kata I Gusti Ayu Fadjar, Senior Vice President of Marketing Blibli.com pada kesempatan yang sama.

Ayu juga menyatakan, langkah ini untuk mengantisipasi lonjakan permintaan produk travel yang naik sebesar tiga kali lipat dibandingkan kuartal sebelumnya. Untuk menyediakan layanan ini, Blibli.com pun bekerja sama sister company yakni Tiket.com. “Harga kami juga bersaing dengan yang lain,” ujar Ayu.

Baca juga :   Shopee Raih Pendapatan US$17,17 Juta di 2017

Ia optimistis penjualan tiket perjalanan pada Ramadan tahun ini akan meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Yang mana, ia mencatat permintaan produk travel awal tahun ini sudah naik tiga kali lipat dibanding Kuartal IV-2017.

 

STEVY WIDIA