Booking Booster 2019 Kucurkan Dana ke 10 Startup

Sumba Hospitality Foundation di2019 Booking Booster. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Platform perjalanan Booking.com menggelar program akselerator untuk startup, Booking Booster 2019. Program yang berlangsung selama tiga minggu ini terdiri dari seminar, workshop, dan sesi pelatihan yang dipimpin oleh karyawan dan ahli Booking.com.

Puncak dari program ini adalah pemberian hibah berskala senilai hingga €500.000 setara Rp 8 miliar dari total dana € 2 juta atau sekitar Rp32 miliar. Langkah ini guna mendukung tahap lanjutan dari proyeksi pertumbuhan startup.

“Saya sangat mengagumi dedikasi luar biasa dari semua startup dan solusi inovatif yang mereka kembangkan untuk melindungi komunitas dan sumber daya di seluruh dunia,” ujar Gillian Tans, Presiden dan CEO Booking.com dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2019).

Terdapat sepuluh startup yang berpartisipasi dalam program 2019 ini berasal dari 8 negara yang berbeda dan beroperasi secara kolektif di seluruh dunia. Bisnis mereka juga mewakili beragam model dan solusi, termasuk produk yang memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi konservasi lingkungan dan satwa liar.

“Sejak dulu kami percaya bahwa teknologi adalah semua instrumen yang kuat untuk menciptakan kebaikan, termasuk jika diterapkan dalam bidang pariwisata berkelanjutan. Saya sangat bangga dengan semua orang yang tetap bersemangat dalam membawa perubahan. Saya juga akan mengikuti prosesnya dan mendukung mereka dalam mewujudkan visinya menjadi kenyataan, yaitu membantu melindungi destinasi yang kita cintai untuk bertahun-tahun ke depan,” kata Gillian lagi.

Baca juga :   Indonesia Memiliki Jumlah Startup Tertinggi Di Asia Tenggara

Startup asal Indonesia Sumba Hospitality Foundation adalah salah satu yang mendapatkan hibah €100.000. Start up ini mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, menggabungkan sebuah hotel untuk kaum muda yang kurang mampu dengan sebuah resor mewah yang mewah bagi para traveler yang ingin berkontradiksi dengan dunia yang lebih baik.

Start up lain yang juga mendapatkan hibah dari dana €2 juta Program Booking.com Booster adalah Avy (Belanda) sebesar €200,000, Clean Travel (Australia) sebesar €100.000, Hydrao (Prancis) sebesar €100.000, I Like Local (Belanda) sebesar €100.000, IMPULSE Travel (Kolombia) sebesar €400.000.

NotOnMap (India) sebesar €250.000, Okra Solar (Australia) sebesar €400.000, Picha Eats (Malaysia) sebesar €175.000, SASANE Sisterhood Trekking and Travel (Nepal) sebesar €100.000.

Livia Firth, Pendiri dan Direktur Kreatif dari Eco Age dan Ambassador Booking Booster, mengajak semuanya untuk aktif mengambil bagian dalam mendukung keberlanjutan dan inovasi dalam bidang ini. 

“Keberlanjutan adalah ekosistem yang bergerak dan kita semua harus mengambil peran. Siapa pun kita dan di mana pun kita bekerja, baik di startup, perusahaan mapan, pembuat kebijakan atau instansi pemerintahan, kita memiliki kekuatan untuk membuat perbedaan setiap hari. Bahkan di zaman sekarang, kita tahu bahwa kita juga bisa membuat perbedaan besar saat merencanakan perjalanan,” jelas Livia.

Baca juga :   Inovator Geospasial Sebaiknya Jadi Startup

Sepuluh startup yang berpartisipasi dalam program 2019 ini berasal dari 8 negara yang berbeda dan beroperasi secara kolektif di seluruh dunia. Bisnis mereka juga mewakili beragam model dan solusi, termasuk produk yang memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi konservasi lingkungan dan satwa liar, serta platform yang memberdayakan masyarakat berisiko untuk berkembang melalui pendekatan inklusif mereka terhadap pariwisata.

“Lebih dari satu miliar orang tidak memiliki peluang yang datang dengan akses energi. Kami akan menggunakan pelajaran yang telah kami pelajari dan dana yang kami terima dari Booking 

Booster untuk memastikan kami dapat menjangkau 40.000 orang yang saat ini menunggu solusi akses energi plug-and-play kami,” kata Afnan Hannan, Co- Pendiri dan CEO Okra Solar. 

Semua startup yang berpartisipasi, akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari ahli Booking.com selama satu tahun. Pelatihan ini meliputi kesempatan dan akses untuk bekerja sama dengan Booking.com terkait inovasi dan eksperimen potensial.

Sebagai tambahan dari hibah berskala yang diberikan, untuk dua tahun berturut-turut, Amazon Web Services (AWS) akan memberi mereka kesempatan untuk mengikuti program AWS Activate. AWS akan menyediakan sumber daya yang diperlukan, termasuk kredit, pelatihan, dan dukungan untuk mewujudkan ide mereka.

Baca juga :   Ini Daftar Bos Startup Yang Paling Populer di 2017

FAHRUL ANWAR