Bukalapak dan Muhammadiyah Beri Pelatihan UKM Goes Digital

Muhammad Isa Lombu selaku Strategic Advisor to CEO Bukalapak memberikan cinderamata Bukalapak kepada Bambang Wijanarko selaku Wakil Ketua Majelis Ekonomi & Kewirausahaan PP Muhammadiyah dalam Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat UKM Goes Digital. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Bukalapak bekerja sama dengan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta mengadakan program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat yang bertajuk Pelatihan UKM Goes Digital.

Muhammad Isa selaku Strategic Advisor Bukalapak mengatakan penetrasi penggunaan internet di Indonesia mengubah perilaku belanja masyarakat yang semula masih offline menjadi online.

“Kami melihat adanya potensi masyarakat Indonesia untuk menjadi pebisnis online. Diharapkan seminar dan edukasi ini dapat menjawab kebutuhan mereka terhadap perkembangan ekonomi digital, ” katanya kepada media Jumat (3/1/2018) di Aula PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Program ini bertujuan untuk membangun Indonesia melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UKM melalui pemanfaatan teknologi. Acara ini dihadiri oleh warga Muhammadiyah DKI Jakarta dan masyarakat umum, serta pengusaha yang ingin memulai bisnis online.

Seminar dan edukasi ini menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Muhammad Isa Lombu selaku Strategic Advisor to CEO Bukalapak, Abdul Hafizh Asri selaku Fintech Partnership Manager Bukalapak, Asep Salwani selaku Pengusaha dan Ketua Majelis Ekonomi Muhammadiyah DKI Jakarta, dan Om Hermawan Bukalapak Ranger Jakarta.

Baca juga :   Bukalapak Gelar Pelatihan ke 50 UKM di Bali

Dalam program UKM Goes Digital ini seluruh peserta disuguhkan oleh sederet materi dan pelatihan seputar bisnis online langsung dari para pakar dan pelapak yang sudah lama bergelut di dunia bisnis online. Berbagai pelatihan yang diberikan seperti pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis, manfaat dan prospek berjualan secara online, tips dan trik menjalankan bisnis online yang baik dan benar serta cara menghadapi berbagai resiko dalam berbisnis secara online. Disamping itu, Bukalapak juga memperkenalkan BukaReksa Syariah sebagai fitur investasi di Bukalapak yang diawasi oleh OJK.

Dalam kegiatan ini, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari salah satu Ranger Komunitas Bukalapak dari Jakarta, Om Hermawan. Sebagai pelapak yang sudah lama bergelut di dunia bisnis online, Om Hermawan berbagi wawasan dan pengetahuan kepada para peserta mengenai pentingnya go digital bagi para pebisnis yang ingin sukses. Termasuk tips dan trik menghadapi tantangan dan resiko berbisnis online. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung menjadi pelapak di Bukalapak serta anggota Komunitas Bukalapak.

Baca juga :   Bukalapak : Satu Juta UKM Bergabung ke Bisnis Online

Asep Salwani Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta mengatakan falam rangka mengimplementasikan Pilar ke 3 Muhammadiyah yakni ekonomi dan kewirausahaan.

“Tentunya kami menyambut baik kerjasama ini dengan Bukalapak. Para anggota kami tentunya tidak bisa terpisahkan dengan perkembangan teknologi digital, dengan adanya pelatihan seperti ini selain dapat memperluas wawasan kewirausahaan kami melalui pemanfaatan teknologi digital. Kami berharap para anggota kami dapat berwirausaha secara jujur, berkah, dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” katanya.

FAHRUL ANWAR