Bukalapak Resmikan BukaGlobal di Malaysia

Pembukaan BukaGlobal di Malaysia. (Foto: istimewa)

youngster.id - Perusahaan e-commerce Bukalapak meresmikan BukaGlobal di Malaysia. Lewat BukaGlobal, Bukalapak ingin membuka pasar yang lebih luas bagi lebih dari empat juga pelapaknya di Indonesia.

Co-Founder sekaligus Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan, perusahaannya bekerja sama dengan perusahaan logistik di Malaysia, Janio untuk menyediakan layanan BukaGlobal. BukaGlobal akan melayani ekspor ke Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan Brunei Darussalam.

“Dengan Janio, BukaGlobal mampu menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan konsumen di mana saja di dunia,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (27/5/2019) di Jakarta.

Bukalapak melihat pasar di kelima negara ini cukup besar. Apalagi, perusahaan memperkirakan ada tambahan 50 juta konsumen baru di di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam pada 2022.

Fajrin mengatakan, BukaGlobal merupakan komitmen Bukalapak untuk ekspansi ke negara lain dan memperluas pasar bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia. Apalagi, e-commerce merupakan sektor yang paling dinamis di antara ekonomi digital lainnya di Asia Tenggara. Perluasan pasar ini bisa mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia. Sebab, selama ini UMKM menghadapi persoalan biaya logistik yang mahal.

Baca juga :   Di Semester Pertama Tahun 2017, Danamon Untung Rp 2 Triliun

“Kami ingin mendobrak hambatan yang menghalangi wirausahawan muda dan kecil untuk bersaing di lapangan bermain global, terutama pada akses, infrastruktur, dan konektivitas,” ujarnya.

Namun, jasa pengiriman BukaGlobal ini untuk sementara hanya bisa diaktifkan oleh pelapak terpilih di Jakarta dan Tangerang. Layanan ini belum mendukung pengiriman dari luar negeri ke Indonesia alias impor. Bukalapak pun menyediakan metode pembayaran seperti kartu kredit, kartu debit, dan collection point yang disediakan oleh local remittance agent.

Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Krishna KU Hannan menyampaikan, instansinya mendukung peluncuran BukaGlobal. “Kami percaya, inisiatif ini akan memberikan kontribusi positif untuk memperkuat ikatan ekonomi bilateral antara Indonesia dan Malaysia,” kata dia.

Sebelum Malaysia, Bukalapak lebih dulu meluncurkan BukaGlobal di Singapura pada awal pekan lalu.

STEVY WIDIA