Capai 1.000 Kios Warung pIntar Gelar Pesta Rakyat

CEO Warung Pintar Agung Bezharie (tengah) dan tim Warung Pintar. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Baru setahun beroperasi Warung Pintar telah bermitra dengan 1.00 kios di area Jabodetabek. Perayaan 1 tahun berdirinya Warung Pintar, pada 11 November 2018, Warung Pintar akan mengadakan acara Pesta Rakyat Pintar di Theater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah.

CEO Warung Pintar Agung Bezharie mengatakan, pertumbuhan perusahaan sejalan dengan pertumbuhan bisnis mitra Warung Pintar, sehingga hal ini selalu menjadi fokus utama.

“Pada kuartal 2 kami terus berinovasi meningkatkan layanan bagi mitra dan pelanggan warung sebagaimana mereka adalah pilar utama dalam pertumbuhan pesat bisnis Warung Pintar. Hasilnya terlihat dengan adanya peningkatan signifikan pada pendapatan mitra yang mengalami kenaikan sebesar 37% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” ungkap Agung kepada media, Rabu (7/11/2018) di Jakarta.

Dia menjelaskan, Warung Pintar adalah sebuah platform yang membuka kesempatan pengusaha ritel kecil untuk melakukan modernisasi bisnis dengan pendekatan teknologi dan analisis data. Sejak dioperasikan pada September 2018, sudah lebih dari 2000 pengusaha mikro yang bergabung.

Baca juga :   MDI Ventures Ikut Danai Startup Penyewaan Satelit

“Keberadaan Warung Pintar telah mendorong kemandirian dan kewirausahaan bagi 57% mitra yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap. 1 kios Warung Pintar juga berdampak secara sosial dan ekonomi untuk 5 orang yang terdiri dari 1 orang mitra, 2 orang keluarganya, dan 1 penjaga warung, serta 1 orang dari keluarga penjaga warung,” ungkap Agung dengan bangga.

Menurut dia, warung sebagai usaha mikro-retail yang melekat pada budaya Indonesia, telah menjadi pusat kegiatan masyarakat. Hal ini ditandai dengan 1 Warung Pintar setidaknya telah memiliki 1 komunitas aktif dengan jumlah anggota paling sedikit 12 orang, mulai dari ibu rumah tangga, anak sekolah, hingga komunitas ojek, dengan setidaknya terjadi 1.000 transaksi aktif setiap bulannya.

Saat ini Warung Pintar memberikan tempat singgah yang nyaman dengan fasilitas WiFi gratis, charging station, LCD TV serta tersedianya pembayaran non tunai yang saat ini telah berjalan bersama OVO dan Go-Pay.

“Tentunya hal ini dapat terus diwujudkan dengan berkolaborasi bersama para startup dan institusi lainnya. Sejauh ini telah ada 34 principals yang sudah bergabung untuk menyediakan produk kepada mitra warung dan lebih dari 370 jenis produk tersedia di Warung Pintar,” pungkas Agung.

Baca juga :   Grab dan MRT Jakarta Hadirkan Transportasi Terintegrasi

Pesta Rakyat Pintar merupakan perayaan hasil dari usaha Warung Pintar dalam membangun sebuah ekosistem yang saling mendukung pertumbuhan ekonomi menengah kebawah. Acara ini menargetkan 3.000 pengunjung yang terdiri dari mitra warung dan calon mitra beserta keluarganya. Lebih dari itu, acara ini juga akan mempertemukan para mitra warung, karyawan, strategic partners, brands, dan pemerintah untuk membentuk kerjasama lebih lanjut, mengembangkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru dunia.

STEVY WIDIA