Cara Hemat Kuota Internet Saat Nongkrong di Sosmed

Instagram Stories. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Kegiatan di media sosial sudah tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup sebagian besar orang, termasuk di Indonesia. Aktivitas ini membuat kita terhubung dengan siapa saja. Tapi di sisi lain, aktivitas ini berdampak pada pengeluaran biaya.

Sesungguhnya media sosial menawarkan menawarkan fitur ‘hemat data’ untuk menghemat kuota internet saat mengakses layanan mereka. Jadi, kini pengguna tidak perlu lagi khawatir jika harus menggunakan aplikasi sosial media dalam waktu lama.

Berikut cara menghemat kuota internet di beberapa media sosial populer, seperti dikutip dari Tech Viral, Sabtu (1 8/11/2017):

Snapchat
Pengguna aplikasi Snapchat memang tidak sebesar dan seaktif Facebook. Meski demikian, sifat aplikasi berbagai video singkat ini menguras cukup banyak kuota internet.

Untuk menghematnya, pengguna bisa memilih opsi “Settings” pada menu yang terdapat di pojok kanan atas Snapchat. Setelah itu cari “Additional Services” dan pilih “Manage Option”. Kemudian aktifkan “Turn on the Travel Mode”.

Langkah sederhananya adalah:
1. Buka Settings
2. Pilih Manage di bawah opsi Additional Services
3. Aktifkan mode Travel Mode
1. Masuk ke menu “Settings”
2. Pilih fitur “Data Saver” dan tap kolom yang tersedia untuk mengaktifkannya.

Instagram
Instagram juga termasuk media sosial populer di Indonesia. Tampilan konten di layanan ini berupa foto dan video, yang tentunya cukup mengurus kuota internet.
Untuk menghemat kuota internet, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur penghematan data yang ada di dalam aplikasi ini.

Langkah sederhananya adalah:
1. Masuk ke menu Settings
2. Pilih fitur Celluler Data Use
3. Aktifkan fitur Use Less Data

Facebook
Facebook adalah media sosial yang banyak digunakan orang di dunia termasuk Indonesia. Para pengguna cenderung membuka Facebook lebih dari sekali dalam sehari. Hal ini, tentu membuat pemakaian kuota internet menjadi lebih boros.

Untuk menghemat pemakaian kuota internet, ada cara sederhana untuk menyiasatinya. Pertama pilih ikon tiga garis di sisi kanan aplikasi Facebook, kemudian pilih opsi “Data Saver”.

Langkah sederhananya adalah:
1. Masuk ke menu “Settings”
2. Pilih fitur “Data Saver” dan tap kolom yang tersedia untuk mengaktifkannya.

STEVY WIDIA