Ceritech & Unafeed Juara Bosch IoT Hackathon 2019

Ceritech, Pemenang Bosch IoT Hackathon 2019. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Untuk mendukung anak-anak muda Indonesia dalam mengembangkan solusi IoT yang berguna bagi lingkungan Bosch untuk pertamakalinya menyelenggarakan kompetisi pengembangan Internet of Things (IoT) yaitu Bosch IoT Hackathon 2019. Hasilnya tim Ceritech dan Unafeed terpilih sebagai juara.

“Kompetisi perdana ini sebagai langkah awal Bosch dalam. Tentu saja, kompetisi ini tidak akan berhenti disini, kedepan kami akan undang kembali anak-anak muda Indonesia yang lainnya mengembangkan ide dan gagasan mereka dikompetisi ini yang hasil riset mereka bisa siap untuk tantangan yang saat ini di Indonesia dalam bidang IoT,” kata Toto Suharto, Managing Director PT Robert Bosch Automotive pada pengumuman pemenang Kompetisi Bosch IoT Hackathon 2019 Kamis (17/10/2019) di Surabaya.

Pada puncak kompetisi ini terjaring 10 tim untuk mempresentasikan gagasan mereka pada 16-17 Oktober 2019 di Surabaya. Pemenang kompetisi Bosch IoT Hackathon 2019 ini adalah tim Ceritech dan tim Unafeed. Ceritech sebagai pemenang Pertama 1A melalui gagasannya yakni dengan menciptakan sistem untuk memonitor pengolahan biji kopi. Sedangkan kelompok Unafeed sebagai pemenang 1B dengan gagasannya mereka yang berhasil menciptakan alat pakan ikan otomatis.

Baca juga :   Unafeed, Startup Yang Dorong Produksi Peternak Sidat Indonesia

Andrew Powell Managing Director Bosch in Indonesia mengatakan di kompetisi perdana yang bertujuan untuk menumbuhkan, mempromosikan dan mendukung inovasi di Indonesia. Kegiatan ini tentu saja akan mendorong kalangan muda Indonesia yang cerdas digital (digital natives) untuk mengeksplorasi solusi IoT lokal guna mengatasi problematika sekitar.

“Era digital ini, perubahan di Indonesia selalu dinamis. Oleh karena itu, kami ingin mendorong anak-anak muda di Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi solusi Indonesia yang unik, dan yang terpenting, mengubah ide-ide mereka menjadi solusi yang terhubung untuk masa depan,” jelas Andrew Powell Managing Director Bosch in Indonesia saat ditemui dikesempatan yang sama.

Untuk kompetisi ini Bosch bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asosiasi IoT Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Sebelumnya pada Mei hingga Agustus 2019, Bosch menjalankan rangkaian ‘Road to Hackathon’ di Surabaya, Jakarta, dan Bandung untuk membahas berbagai topik, seperti smart manufacturing, smart mobility, dan smart city. Tujuannya agar para kalangan muda dan mahasiswa mendapatkan wawasan tentang tantangan yang saat ini dihadapi Indonesia dalam bidang IoT.

Baca juga :   Transaksi Digital Capai US$ 130 Miliar

Tim pemenang berhak menerima anggaran proyek serta bekerja secara kolaboratif dengan Bosch guna mengevaluasi komersialisasi dan potensi pasar dari ide-ide mereka. Apabila menjanjikan, tim akan diundang menghadiri dan mempresentasikan proyek mereka di ajang Bosch Connected World 2020 di Berlin, Jerman.

FAHRUL ANWAR