COCOWORK Gandeng UOB Indonesia Dukung Perkembangan Ekosistem Startup dan UKM

Peluncuran co-working space dari Cocowork yang berlokasi di kantor pusat UOB Indonesia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia), bersama COCOWORK, salah satu penyedia ruang kerja bersama (co-working spaces) meresmikan COCOWORK@UOB Plaza. Kerjasama ini diharapkan akan dapat berkontribusi pada perkembangan ekosistem startup dan UKM di Indonesia.

“Kemitraan ini merupakan komitmen kami dalam mendukung perusahaan startup dan UKM agar dapat berkembang menjadi bisnis yang berkelanjutan,” kata Kevin Lam Direktur Utama UOB Indonesia pada Peluncuran co-working space Rabu (8/8/2018) yang berlokasi di kantor pusat UOB Indonesia, Jakarta.

Peresmian ini sekaligus bagian dari penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MOU) antara UOB Group dan COCOWORK di bulan Maret 2018. Tidak hanya ruangan kerja, di coworking space UOB X COCOWORK semua startup dan pelaku UKM yang bergabung bisa memanfaatkan jaringan UOB di Indonesia dan di negara lainnya. Berbentuk pelatihan hingga konsultasi khusus, UOB Indonesia ingin membantu startup mengembangkan bisnisnya. Saat ini ada sekitar 40 perusahaan yang menjadi tenant di coworking space UOB X COCOWORK.

Baca juga :   Pocari Sweat Beri Apresiasi Pada Dua Atlet Peraih Medali Asian Games 2018

Pardi Kandy, Channels Director UOB Indonesia, mengatakan bahwa UOB Indonesia senantiasa berkomitmen dalam mendukung perusahaan startup dan UKM agar dapat berkembang menjadi bisnis yang berkelanjutan.

“UOB Indonesia memahami ambisi perusahaan-perusahaan startup dan UKM, dan kami sadar bahwa biaya operasional bisa menjadi suatu kendala dalam mengembangkan skala bisnis mereka di indonesia. Kolaborasi kami dengan COCOWORK menawarkan potongan harga biaya sewa coworking space di COCOWORK@UOB Plaza,” kata Pardi pada kesempatan tersebut.

Dari kemitraan tersebut, nasabah UOB Indonesia mulai dari perusahaan rintisan (start-up) hingga Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat menikmati potongan biaya sewa khusus sebesar 20%di COCOWORK@UOB Plaza.

Sebagai bagian dari kolaborasi, UOB Indonesia juga akan menyediakan seluruh anggota co-working space COCOWORK dengan solusi keuangan yang sesuai kebutuhan mereka, seperti pinjaman, cash management, dan produk pembiayaan perdagangan untuk membantu mengelola bisnis.

Perusahaan start-up maupun UKM yang menggunakan co-working space juga memperoleh akses pilihan pembiayaan alternatif melalui kemitraan UOB dengan perusahaan-perusahaan pendanaan ekuitas yang merata (crowd funding) dan perusahaan utang usaha (venture debts), seperti OurCrowd dan lnnoVen Capital.

Baca juga :   Prancis Hadirkan L’Academie, Sekolah Coding Gratis di Indonesia

“Kami membuka pintu bagi para wirausaha muda dan usaha rintisan untuk bergabung bersama kami. Bank UOB telah hadir di 15 negara dan kami siap membantu startup yang berniat mengembangkan usahanya. Nantinya jika diperlukan kami akan memberikan konsultasi hingga mengajak untuk bergabung dalam kegiatan CSR yang kami miliki,” janji Pardi.

Selain itu, lanjutnya, para bankir UOB juga dapat memberikan solusi keuangan untuk mengembangkan bisnis para startup dan UKM.

“Melalui kerja sama dengan UOB Indonesia, anggota kami dapat memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis mereka di Asia Tenggara,” tutup Co-Founder & CEO COCOWORK Carlson Lau.

 

STEVY WIDIA