Creator Reborn, Ajang Kompetisi Kreatif dan e-Sport

(ki-ka) Fajar Indrayanto Head of Consumer Marketing 3 Indonesia, Dolly Susanto Chief Commercial Officer 3 Indonesia, dan Bonita Megaputri Head of Brand Communication 3 indonesia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia adalah e-sport, sebuah cabang olang raga yang berisi pertandingan online games. Untuk mendukung hal itu, 3 Indonesia menggelar program Creator Reborn. Ini ajang kompetisi bagi anak muda untuk melahirkan para pencipta (creator) karya kreatif dan skuad e-sport.

“3 Indonesia memiliki keinginan untuk mewadahi ambisi anak muda Indonesia yang memiliki potensi besar menggerakkan ekonomi kreatif di Indonesia. Melalui kegiatan ini juga kami ingin menyebarkan semangat dan edukasi pemanfaatan akses internet dan teknologi digital untuk mengolah ide menjadi sebuah karya kreatif berbasis digital dan pengembangan bakat. Semoga program Creator Reborn dapat menjadi media aktualisasi bagi anak muda berbakat dan jalan bagi mereka untuk mendunia,” ucap Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia dalam keterangannya, Jumat (11/1/2019) di Jakarta.

Dolly menjelaskan, kompetisi Creator Reborn dibagi atas dua kategori besar yaitu karya kreatif dan kompetisi e-sport PUBGM. Karya kreatif meliputi Dance Music dan Short Movie yang akan diseleksi oleh 3 Indonesia dan para pakar di bidangnya.

Baca juga :   Presiden Joko Widodo Dorong BUMN Dukung Digitalisasi Pertanian

Nanti dari 10 karya terbaik dari setiap kategori akan dipilih untuk menjadi dua karya kreatif terbaik berdasarkan seleksi teknis dan memenangkan perjalanan ke perhelatan industri kreatif bergengsi berskala dunia di Amerika Serikat. Selain itu, mereka pun akan memiliki kesempatan di vote untuk menjadi pemenang favorit.
“Industri kreatif memberikan potensi bisnis besar. Internet, perkembangan teknologi, ditambah dengan ide kreatif bisa menciptakan banyak hal yang positif di industri kreatif dan memberikan banyak peluang bisnis,”ujar Dolly.

Selain karya kreatif, wadah pengembangan talenta yang memiliki potensi besar pada pertumbuhan ekonomi digital adalah kompetisi e-sport, sebuah cabang olang raga yang berisi pertandingan online games di dalamnya.
“Ajang ini digelar guna memberikan inspirasi positif bagi para online gamers untuk meningkatkan hobi dan talenta yang dimilikinya menjadi gamers profesional dengan prestasi gemilang, serta menyebarkan nilai sportifitas. Semangat ini akan meningkatkan pemberdayaan generasi muda menjadi pendorong ekonomi digital di Indonesia,”papar Dolly.

Online games yang dikompetisikan adalah PUBG yang sedang digemari oleh anak muda Indonesia. Kompetisi diawali dengan tahap seleksi skuad di 36 kota hingga finalnya di ajang BimaDay. Para skuad pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total sebesar Rp 63 juta dan juga mengikuti bootcamp bersama tim e-sport EVOS, sebuah klub profesional pemain e-sport papan atas asal Indonesia yang prestasinya sudah mendunia dan memenangkan kompetisi bergengsi seperti Arena of Valor, Counter Strike, Global Offensive, Dota 2, FIFA, Fortnite, Battle Royale, League of Legends, Mobile Legends dan masih banyak lagi.

Baca juga :   Grab Bidik 100 Juta Mitra Wirausaha di Asia Tenggara pada 2020

Penyampaian karya dan babak penyisihan dibuka mulai 16 Desember 2018 hingga 31 Januari 2019. Kompetisi Creator Reborn ini merupakan rangkaian kegiatan dari program utama yaitu BimaDay yang akan berlangsung pada Maret 2019 di Bandung.

STEVY WIDIA