Danamon dan Adira Perkuat Layanan Finansial Syariah di Indonesia

Para Direktur Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance hadir pada Buka Puasa Bersama Media, Jumat (10/5/2019) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Pendanaan keuangan Syariah menjadi pilihan utama bagi umat muslim di Indonesia. Menyikapi hal itu, Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance berkomitmen untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan keuangan konsumen yang sesuai dengan prinsip syariah.

Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto mengatakan, sebagai grup keuangan terkemuka di Indonesia, Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance berkomitmen untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan keuangan konsumen yang sesuai dengan prinsip syariah, sekaligus dalam mendorong kemajuan perekonomian syariah di tanah air.

“Kami sekaligus bertujuan dalam mendorong kemajuan perekonomian syariah di tanah air. Wujudnya adalah dengan terus menghadirkan produk dan layanan syariah yang inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain itu yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari keuangan berbasis syariah,” kata Herry pada talkshow bertema “Dinamika Layanan Finansial Syariah di Indonesia” Jumat (10/5/2019) di Suasana Restoran, Aston Kuningan Suites, Jakarta

Menurut Herry, produk dan layanan keuangan syariah dapat menjadi solusi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan yang dihadapi. Untuk itu, dia memaparkan, Danamon terus berinovasi dalam menghadirkan produk keuangan berbasis syariah yang dapat membantu perencanaan keuangan masyarakat.

Baca juga :   Kredit Otomotif Bekas Kini Bisa Lewat Online

Salah satunya adalah produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah iB Akad Musyarakah Mutanaqisah atau MMQ, yaitu pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. Pendapatan atas kerja sama tersebut dibagi hasilkan kepada nasabah dan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu. Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah iB Akad MMQ ini dapat digunakan baik untuk pembelian Rumah/Apartemen baru, second, indent atau refinancing. Diakhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100% sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Sementara, I Dewa Made Susila, Direktur Keuangan Adira Finance menuturkan saat ini adira Finance telah menghadirkan Produk Syariah Umrah dan Program Lebaran. Dengan demikian, Adira Finance juga berkomitmen untuk selalu memberikan produk pembiayaan syariah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah menghadirkan produk paket perjalanan Umrah yaitu produk pembiayaan berdasarkan Prinsip Murabahah (Jual Beli). Produk ini dihadirkan melalui Adira Finance Syariah untuk menjawab kebutuhan akan perjalanan ibadah ke tanah suci.

Tahun ini Adira Finance Syariah memberikan penawaran terbaru pada produk tersebut berupa pembiayaan paket perjalanan Umrah untuk karyawan perusahaan. Adira Finance Syariah menawarkan kerjasama dengan perusahaan yang akan memberikan fasilitas bagi karyawannya untuk melakukan perjalanan ibadah Umrah. 

Baca juga :   Bekraf Gelar Pelatihan Keuangan Bagi Mantan TKI

“Dengan penawaran baru ini, kami harap dapat semakin memberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah Umrah, terutama bagi karyawan dari perusahaan yang bekerja sama. Kami berharap dengan adanya produk dan program ini, dapat memberikan pengalaman yang menguntungkan bagi seluruh konsumen. Adira Finance selalu berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya,” ungkap Susila.

Selain itu, dalam momen bulan Ramadan dan sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Grup Danamon menyampaikan bantuan sosial dengan dana dari Qordhul Hasan. Danamon Syariah menyerahkan bantuan sebesar Rp 70 juta kepada Dompet Dhuafa dan LAZ Al Azhar Peduli Ummat (APU). 

Pada kesempatan ini, Adira Finance juga secara simbolis memberikan dana kebajikan, berupa bantuan pengembangan UMKM di tiga kota yaitu, Tasikmalaya, Serang dan Jember sebesar Rp 250 juta. Bantuan tersebut disalurkan melalui Filantra yang merupakan lembaga kemanusiaan yang mengelola dana sosial masyarakat dan dana kemanusiaan melalui program pemberdayaan yang berkesinambungan.

Dikesempatan yang sama, Adira Insurance Syariah juga turut memberikan donasi dari dana zakat perusahaan melalui Dompet Dhuafa dengan program Pemberdayaan Korban Lalu Lintas. Program ini merupakan sinergi dengan program Corporate Social Responsibilty milik Adira Insurance yaitu I Wanna Get Home Safely! yang bertujuan untuk membantu korban lalu lintas agar dapat beraktivitas kembali, serta memberikan pelatihan agar mereka memiliki ketrampilan untuk mandiri.

Baca juga :   Danamon Gunakan Talend untuk Percepat Transformasi Digital

FAHRUL ANWAR