DataHub.id Bantu Pengumpulan Data Korban dan Kerusakan Bencana Palu

Gia Pratama, Head of DataHub.id. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - DataHub.id membantu para relawan untuk melacak jumlah korban yang terkena dampak bencana. Sebagai platform pengumpulan data lapangan berbasis android, DataHub.id dapat digunakan secara gratis untuk melacak jumlah korban yang terkena dampak bencana di wilayah-wilayah dengan keterbatasan akses internet.

Gempa berkekuatan 7,7 skala richter yang mengguncang wilayah Sulawesi Tengah memicu terjadinya tsunami. Tercatat data korban jiwa sudah mencapai 1.203 jiwa, dengan hampir 17 ribu jiwa kehilangan rumah dan terpaksa mengungsi di tenda-tenda darurat. Data ini masih mungkin akan bertambah karena masih banyak warga data yang belum terdata karena sulitnya akses internet.

Gia Pratama, Head of DataHub.id mengatakan, fitur dari DataHub.id dapat digunakan untuk mengumpulkan data berupa identifikasi korban, jumlah korban selamat, jumlah korban hilang, jumlah kerusakan hingga biaya kerusakan per titik bencana. Fitur ini dapat diakses secara online maupun offline oleh pihak-pihak yang membutuhkan dalam kepentingan mempercepat pemulihan trauma pascabencana.

“Kami ikut merasakan duka yang dirasakan oleh para korban. Semoga kami dapat membantu para relawan dalam memberikan data seperti foto, video, tracking wilayah bencana yang sangat bermanfaat bila digunakan oleh pemerintah dan juga relawan di lapangan. Keterbatasan akses internet di wilayah bencana menyebabkan sulitnya melacak korban dan jumlah kerusakan yang terjadi. Padahal pasca kejadian yang paling dibutuhkan tentu data-data seperti titik kerusakan, foto-foto lokasi bencana, biaya kerusakan, informasi korban dan ini semua bisa DataHub.id berikan fiturnya secara gratis untuk organisasi relawan yang turun ke lapangan,” ungkap Gia dalam keterangannya, Jumat (5/10/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Dubai Jadi Destinasi Startup Dunia

Sebagai bagian dari PT 8villages Indonesia yang memiliki visi Accelerate Village Modernization, DataHub.id dapat digunakan untuk membantu survey data di lapangan berkualitas tinggi, membantu untuk memonitor Key Performance Indicator (KPI) dan pelaksanaan kumpul data secara real time. Fitur ini dapat digunakan secara gratis oleh siapapun dan dapat diakses secara online maupun offline dengan proses penggunaan yang sangat mudah.

DataHub.id bersedia menjadi technology partner bagi organisasi relawan yang sedang bertugas di lapangan membantu korban bencana sekaligus mendata jumlah kerugian dan jumlah korban bencana.

“Penggunaan fitur ini sangat mudah, karena DataHub.id collect dapat diunduh di Play Store dan log in dengan ID, relawan@bencanapalu.com dan password : bencanapalu. Semoga dengan adanya DataHub.id dapat meringankan kerja relawan dalam mendata identitas korban maupun besarnya kerusakan disetiap wilayah,” tutup Gia.

STEVY WIDIA