Delegasi UNAIR Juara di Kompetisi Penulisan Sharia Innovation

Tim Unair Fatoni Mahendra Kurniawan dan Nur Sa’diyah. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih juara III dalam kompetisi tingkat nasional Sharia Innovation Paper Competition (SHIFT) 2018. Mereka adalah Fatoni Mahendra Kurniawan (2014) dan Nur Sa’diyah (2015).

Kompetisi SHIFT berlangsung di Universitas Negeri Semarang (UNNES) terhitung sejak 20-22 Juli 2018. Untuk memperoleh juara III, Fatoni dan Nur Sa’diyah berhasil mengalahkan delegasi dari lima perguruan tinggi ternama, yakni UNNES, Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (UNPAD), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

“Alhamdulillah. Sering bergulat dalam kompetisi karya tulis ilmiah, mendapatkan amanah untuk menjadi mentor di program kerja Karya Tulis Ilmiah (KTI) Ekonomi Islam,” ujar Fatoni yang dilansir Humas Unair, Minggu (5/8/2018).

Fatoni menuturkan bahwa ada lima tahap seleksi yang harus ia lalui dalam kompetisi SHIFT. Pertama, peserta mengirimkan makalah lengkap. Kedua, penilaian dan seleksi makalah dari panitia SHIFT. Ketiga, pengumuman 10 makalah terbaik. Keempat, presentasi makalah yang telah dibuat. Dan tahap terakhir pengumuman juara dari beberapa delegasi yang lolos.

Baca juga :   Skin Care Anti Penuaan Dari Biji Labu Kuning

“Setiap delegasi memiliki konsep tersendiri dalam mempresentasikan karyanya. Seminggu sebelum berangkat, tim kami melakukan pertemuan untuk membahas konsep yang akan digunakan nantinya. Dan yang terakhir, panjatkan doa kepada Allah,” tuturnya.

Selama menjalani perkuliahan di program studi Ekonomi Islam, Fatoni memiliki segudang karya dan prestasi. Salah satunya, juara III dalam kompetisi nasional KASEIVENT di Universitas Riau tahun 2017 dan juara III OCEAN (Olympiade of Economic and Annual Lecture) yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret, Mei lalu.

Atas perolehan juara ini Fatoni berharap bahwa kemampuan menulis yang ia miliki mampu untuk mendakwahkan Ekonomi Islam. Selain itu, ia berharap dapat berpartisipasi aktif dalam perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia.

 

FAHRUL ANWAR