youngster.id - Kehadiran generasi millennial merupakan potensi baru dalam industri perbankan. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan generasi baru ini, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memperkuat komunikasi berbasis digital.
Proses perubahan ini disebut “Danamon Digital Journey”. Perjalanan digital ala Danamon ini ditandai dengan peluncuran corporate website baru www.danamon.co.id serta struktur dan formasi baru akun sosial media resmi Danamon.
“Kanal komunikasi digital seperti website dan media sosial merupakan sarana interaksi yang tidak terpisahkan bagi masyarakat saat ini, khususnya generasi milenial. Komitmen kami adalah untuk terus meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan respons terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat. Salah satu caranya adalah melalui Danamon Digital Journey,” kata Toni Darusman, Chief Marketing Officer Danamon pada Selasa (26/9/2017) di Jakarta.
Menurut dia, inisiatif ini adalah jawaban atas kebutuhan informasi terlengkap dan paling aktual mengenai produk dan layanan Danamon. Pembaruan website antara lain termasuk mengganti tampilan antar muka serta berbagai fitur baru yang mutakhir.
“Kami terus melakukan pembenahan dan peremajaan kanal komunikasi digital resmi Danamon, baik melalui penambahan fitur termuktahir hingga penataan untuk kemudahan akses,” ujarnya.
Toni menjelaskan, peluncuran Corporate Website baru merupakan hasil dari peremajaan dengan menggunakan sistem & platform baru, yaitu SiteCore, suatu sistem manajemen konten ternama di industri pengembangan website. Situs baru ini menghadirkan sistem navigasi dan desain berdasarkan “Customer Journey” di mana peta situs dirancang untuk memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan mereka.
Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan fitur terkini dan kemudahaan akses melalui perangkat smart phone atau tablet, antara lain responsive design, quick sticky menu, hingga swap & scroll menu, adanya sistem navigasi informasi produk berorientasi terhadap keinginan/relevansi nasabah, simulasi produk, komparasi produk, dan leads generator.
“Peluncuran corporate website dan akun media sosial dengan tema “Danamon Digital Journey 18 – Connecting Future” diharapkan menjadi bukti bahwa Danamon siap menghadapi makin kuatnya dunia digital di masa yang akan datang, khususnya pada tahun 2018 nanti. Semua ini dilakukan sebagai bentuk motivasi Danamon untuk lebih mengutamakan customer point of view sesuai semangat tagline Danamon yaitu “Saatnya Pegang Kendali”, agar dekat dengan nasabah dan calon nasabah,” tambah Toni.
Sedangkan untuk media sosial, Danamon melakukan restrukturisasi akun resmi korporat Danamon menjadi akun Twitter: @danamon, Facebook: Bank Danamon, Instagram: @myDanamon, LinkedIn: Bank Danamon dan YouTube: Bank Danamon serta menghadirkan akun Twitter @HelloDanamon untuk layanan nasabah. Danamon juga melakukan restrukturisasi akun media sosial resmi yang dikelola perseroan serta meluncurkan persona Instagram baru sejalan dengan tren penggunaan media sosial.
Menurut Toni hal ini didasari oleh popularitas media sosial ini di Indonesia. Menurut data Facebook, dari 700 juta total pengguna aktif Instagram di dunia saat ini, 45 juta berasal dari Indonesia. Dari 45 juta pengguna Instagram di Indonesia, sekitar 40% berusia 18-29 tahun yang merupakan potensi nasabah Danamon.
STEVY WIDIA
Discussion about this post