Didukung Nvidia, Qlue Kembangkan Teknologi AI Bagi Smart City di Indonesia

Ki-ka: Rama Raditya CEO Qlue, Maya Arvini CMO Qlue, Andre Hutagalung CTO Qlue dan Surya Darmadi COO Qlue. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini teknologi artificial intelligence dan deep learning mulai diterapkan di berbagai kegiatan manusia. Termasuk dalam pengembangan kota pintar (smart city) di Indonesia. Qlue termasuk yang terdepan dalam pengembangan teknologi dan ekosistem smart city di Indonesia.

Untuk mewujudkan Indonesia smart nation, Qlue kini berkolaborasi dengan Nvidia melalui Nvidia Inception. Ini merupakan program akselerator virtual untuk perusahaan rintisan teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan rintisan berdedikasi dan berpotensi tinggi yang merevolusi industri melalui teknologi artificial intelligence dan data science.

“Nvidia Inception program akan membantu kami dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknis dan bisnis dalam memberikan solusi artificial intelligence dan deep learning, yang telah tersedia dalam Qlue. Dengan adanya dukungan NVIDIA ini diharapkan akan mengoptimalkan teknologi Qlue yang telah ada sebagai bagian dari solusi smart city,” kata Rama Raditya Founder dan CEO Qlue kepada media, Kamis (9/5/2019) di Jakarta.

Dia menerangkan,melalui kerjasama ini, Qlue sebagai perusahaan teknologi layanan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia akan memanfaatkan Nvidia Inception program untuk mengembangkan produk berbasis artificial intelligence dan deep learning.

Baca juga :   Layanan Qlue Hadir di Trenggalek

“Program ini memberikan pelatihan dari NVIDIA Deep Learning Institute, dan dukungan dari sisi marketing yang akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengembangkan Qlue,” kata Rama lagi.

Dukungan dari Nvidia akan membantu Qlue untuk ekspansi ke pasar baru dan memastikan teknologi artificial intelligence yang dikembangkan Qlue menjadi yang terdepan dalam solusi dan ekosistem smart city. “Kami membangun Qlue untuk mewujudkan gagasan smart city di Indonesia. Program Nvidia Inception akan mempercepat terwujudnya smart city di Indonesia dengan memaksimalkan seluruh potensi Qlue yang akan memberikan peningkatan nilai untuk perusahaan, investor, dan masyarakat untuk mempercepat perubahan positif dan menjadikan Indonesia smart nation,” kata Rama menegaskan.

Sementara itu, Senior Manager Channel and Alliances (Pacific South) Nvidia, Budi Harto, menyampaikan program Nvidia Inception ini secara global telah bekerjasama dengan 2.000 startup teknologi di seluruh dunia, termasuk Qlue.

“Nvidia memberikan apresiasi kepada Qlue karena telah memberikan berbagai solusi teknologi dengan menggunakan artificial intelligence dan deep learning untuk mewujudkan smart city di Indonesia. Kami menilai Qlue telah memberikan perubahan besar pada pemanfaatan teknologi AI di Indonesia sejak berdiri pada 2016 lalu. Untuk itu, Nvidia akan memfasilitasi Qlue dalam pengembangan berbagai produk artificial intelligence dan deep learning dengan berbagai teknologi dan pengetahuan dari Nvidia. Melalui kerjasama ini Nvidia berkomitmen untuk mendukung berbagai produk dan bisnis Qlue untuk mengembangkan ekosistem smart city di Indonesia,” papar Budi.

Baca juga :   Wizphone, Ponsel Yang Bisa Buat Kredit

Sementara itu Andre Hutagalung CTO Qlue mengatakan, dalam setahun terakhir ini berbagai inovasi teknologi Qlue telah memberikan solusi secara real-time sehingga dapat memberikan analisa dan rekomendasi untuk pengambil kebijakan, baik itu di tingkat pemerintahan maupun perusahaan swasta.

“Qlue menawarkan berbagai solusi teknologi berbasis artificial intelligence dan deep learning, seperti QlueVision sebagai solusi analisa video berbasis artificial intelligence untuk mengidentifikasi perilaku manusia, penghitungan kendaraan dan manusia, identifikasi wajah dan indentifikasi plat nomor kendaraan. QlueVision telah membantu berbagai pemerintahan kota/kabupaten, badan pemerintah, dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien dan mengurangi kesalahan manusia secara signifikan,” terang Andre.

Saat ini Qlue telah memiliki lebih dari 50 kerjasama di sektor keamanan, kota mandiri, pemerintahan, penanggulangan pasca-bencana, industri dan lain lain, dengan pelbagai mitra di pemerintahan maupun swasta di seluruh Indonesia. 

STEVY WIDIA