DNAku, Platform Tes DNA

Peluncuran platform DNAku di Jakarta. (Foto: istimewa)

youngster.id - Semua manusia lahir dengan profil genetik yang berbeda. Hal ini tergantung pada hasil perpaduan genetik dan juga gaya hidup. Agar semakin mudah, lahir platform DNAku, layanan pemeriksaan genetik berbasis internet pertama di Indonesia yang menerjemahkan informasi DNA menjadi profil genetik yang mudah dipahami.

“DNAku akan memberi laporan menyeluruh mengenai kecenderungan tubuh dan risiko masalah kesehatan serta rekomendasi gaya hidup yang tepat berdasarkan struktur DNA masing-masing individu,” papar Simon, Direktur Genetics Indonesia dalam keterangannya, Senin (19/8/2019) di Jakarta.

Menurut dia, DNAku akan memberi laporan menyeluruh mengenai kecenderungan tubuh dan risiko masalah kesehatan serta rekomendasi gaya hidup yang tepat berdasarkan struktur DNA masing-masing individu.

“Layanan ini hadir untuk masyarakat, khususnya bagi young professionals berumur 25-45 tahun yang tertarik untuk mengetahui gaya hidup yang optimal berdasarkan profil genetiknya,” ujar Simon lagi.

Layanan pemeriksaan genetika baru ini, diluncurkan oleh PT Global Genetika Indonesia atau Genetics Indonesia, pada 17 Agustus 2019. Ragam pemeriksaan yang ditawarkan adalah pertama pemeriksaan kulit untuk mengetahui jenis kulit, risiko kelainan kulit, dan kebutuhan vitamin. Kedua, pemeriksaan kesehatan mengetahui kecenderungan metabolisme tubuh yang bisa berbahaya bagi kesehatan dan respon terhadap jenis makanan tertentu.

Baca juga :   Penetrasi Fintech di Daerah Meluas

Ketiga, pemeriksaan olahraga untuk memahami jenis olahraga yang paling sesuai untuk kita, risiko cedera, dan irama sirkadian. Keempat, pemeriksaan nutrisi & diet untuk mengetahui jenis makanan yang berpengaruh besar pada berat badan, kecenderungan obesitas, dan respon olahraga terhadap berat badan. Kelima, ancestry Untuk mengetahui asal muasal leluhur.

Selain memberi kemudahan untuk menentukan berbagai metode yang tepat untuk tubuh, Layanan DNAku juga memberi kemudahan dalam melaksanakan uji genetika. Caranya simpel yakni dengan membuat akun DNAku di dnaku.id dan lakukan pembelian. Setelah itu kit pengambilan sampel akan langsung dikirimkan ke rumah Anda.

“Pengambilan sampel hanya perlu dilakukan satu kali dan oleh diri sendiri. Gunakan kit untuk mengambil sampel DNA pada lapisan dalam pipi. Setelah itu, sampel DNA Anda dikirimkan ke lab DNAku. Hasil akan diterima via online, dengan mengakses web DNAku,” ucap Simon.

Segala kemudahan dan manfaat layanan DNAku, bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Kit senilai Rp1,4 juta dan masing-masing modul senilai Rp499 ribu. Selain mudah dan terjangkau, layanan DNAku juga menjamin kualitas dari pengujian genetika ini. Untuk analisis data, DNAku bekerjasama dengan perusahaan bioinformatika internasional yang selalu mengikuti perkembangan riset terbaru.

Baca juga :   Seekmi Wakili Indonesia Pada Google Launchpad Accelerator di Silicon Valley

DNAku didukung oleh BINUS Artificial Inteligence Research & Development Center. Binus AI R&D secara aktif membantu pengembangan otomatisasi DNAku dan akan mengembangkan teknologi AI untuk analisa profil genetika yang lebih mendalam.

 

STEVY WIDIA